Langsung ke konten utama

Cara mencari file tertentu di Google

Ini pengalamannya aku yang orang kampung ya. Google itu mungkin bukan barang baru lagi terutama bagi yang sering internetan. Ketika berselancar, ada kalanya aku itu pengen mendapatkan hasil pencarian dalam format tertentu, misalnya pdf, office word, power point dan masih banyak lagi tipe filenya.

Contoh sederhananya, misalnya aku ingin mencari inspirasi presentasi orang lain untuk aku jadikan referensi. Karena aku tidak mungkin modal hafal satu-satu nama website, jadi akan menggunakan bantuan Google. Caranya orang kampung macam aku ini mungkin akan mengetikkan seperti ini:

"presentasi bisnis ikan lele dalam bentuk power point"

Ada dua kata yang aku garis bawahi diatas. Ibaratnya kayak ngasih tahu ke Google kalau kata tersebut berarti bahwa aku menginginkan hasil pencariannya adalah dengan tipe ppt sebagaimana format file power point itu sendiri. Aku bersyukurnya, Google itu pintar sekali. Hasilnya mungkin akan sesuai, mungkin juga tidak. Tapi biasanya ada, hanya sedikit sekali.

Karena itu, saya mencoba menggunakan cara kedua dengan langsung menambahkan tanda titik diikuti dengan format atau kalau ditulis menjadi .ppt. Jadi, akan terlihat seperti ini:

Presentasi bisnis ikan lele.ppt

Hebatnya, hasil yang aku dapatkan dengan cara ini sungguh lebih baik dibanding yang pertama. Dan, teknik ini paling sering sekali aku gunakan. Namun, ternyata aku juga baru baca-baca di Google bahwa terdapat cara lainnya juga selain dua diatas.

Aku kira tidak apa-apa kan memberitahunya disini, biar tidak sesusah aku dulu. Ini yang aku ketik (contoh lagi ya).

Presentasi bisnis ikan lele filetype:ppt

Filetype itu sepertinya gabungan dari dua kata yaitu file dan type yang mungkin terjemahannya adalah tipe atau jenis file. Sama juga dengan format file. Coba saja gunakan Google Translate!

Aku tidak paham kenapa ada juga tanda : (titik dua) diatas. Yang jelas harus pakai itu juga. Setelah itu, baru kemudian diakhiri dengan format file yang ingin dicari. Sebagai referensi dasar, beberapa format yang banyak digunakan juga adalah pdf, word, txt dan sebagainya kalau untuk ketik-mengetik. Ada juga mp4, 3gp, mkv, dan lainnya untuk yang berbentuk video.

Mudah-mudahan bisa mengerti dengan penjelasan yang aku berikan diatas. Mudah-mudahan bisa berguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.