Definisi desain grafis yang aku pahami

Yang aku tahu hingga saat ini, kata desain berasal dari bahasa inggris yaitu Design yang kemudian diterjemahkan. Dan, yang aku tahu juga adalah, bahwa bahasa orang bule tersebut hanya bermakna satu, yaitu merancang.

Aku mungkin saja akan keliru. Bisa jadi bahasa aslinya bukanlah demikian. Begitu juga dengan terjemahannya yang aku belum dalami.

Namun, berbicara mengenai dunia perancangan - tak bisa aku pungkiri bahwa selalu menafsirkannya hampir sama dengan jurusan yang ada di perguruan tinggi. Misalnya, teknik arsitektur dan teknik sipil.

Dalam perancangan suatu bangunan fisik maupun sebuah kawasan dan wilayah, tentunya prosesnya tidaklah begitu sederhana. Ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum benar-benar menghasilkan sesuatu. Hingga ada tim tersendiri untuk berkreasi yang meliputi lebih dari satu orang.

Aku kemudian berpikir, dari banyaknya hasil desain grafis yang pernah aku lihat, kadang dihasilkan oleh hanya satu orang saja. Bukankah itu merupakan kecerdasan tersendiri mengingat begitu kompleksnya dasar-dasar perancangan yang harus dilewati oleh si empunya karya?

Secara visual, aku terkadang hanya melihat bahwa seniman tersebut hanya modal corat-coret saja. Ternyata dibelakang itu semua, masih banyak yang tak terlihat justru menjadi inti dari berbagai proses kreatif tersebut.

Karena penglihatan semu juga tersebut, karya desain grafis kemudian ada beberapa orang yang menganggap sepele. Apalagi jika berkenalan akrab dengan si artisnya. Dengan bermodalkan kata "teman", karya tersebut kita perintahkan untuk dibuatkan sebagai sesuatu yang akhirnya berlawanan.

Dia menganggapnya sebagai desain grafis, dan ada orang lain yang pura-pura beranggapan sama namun dalam hati, itu adalah desain gratis.

Entahlah.


EmoticonEmoticon