Langsung ke konten utama

Fotografi dan manipulasi foto

Aku tak tahu sejak kapan ini dimulai. Bagaimana sejarah dan proses perkembangan kretivitas manusia hingga fotografi yang begitu indah harus diperindah lagi.

Aku pada tahap ragu-ragu untuk mengatakan ini salah ataukah benar.
Pada satu waktu. Aku menikmati hasil foto yang aku dapatkan dari hasil jepretan kamera hpku maupun kamera pinjaman teman-teman. Namun, aku juga menemukan diri bahwa sangat tertarik menikmati hasil karya lainnya yang telah merubah baik beberapa maupun kebanyakan bagian dari orijinalitas sebuah gambar.

Mungkin, perkembangan zaman lah salah satu petunjuknya. Dimana kreativitas dan karya selalu dipacu untuk semakin berkembang dan menemukan hal-hal baru yang belum mampu divisualisasikan secara nyata di masa yang lampau.

Bagaimana pun itu. Aku akan tetap berkarya pada keaslian dan kemampuan alat dengan segala keterbatasannya. Juga, tetap membuka diri terhadap ide-ide baru yang aku temui. Tapi, aku tidak ingin tak ingin menemukan diriku tenggelam dalam hal-hal baru, terlebih yang bersifat sementara.

Dengan menyadari bahwa aku pun tak akan selamanya "disini", aku juga tak ingin mengharapkan keabadian suatu karya. Karena esensinya, manusia hanyalah memanfaatkan waktu. Bukan menciptakannya.

Baca juga: 5 Inspirasi Foto Pantai yang Indah

Mari berkarya!
Mari hidup positif!

Demikian secuil perjalanan hidup saya dalam bidang fotografi amatiran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.