Langsung ke konten utama

Software Bajakan: 4 Alasan Untuk Tidak Men-download dan Menggunakannya Dalam Situasi Apapun

Pembajakan terhadap software (perangkat lunak) sudah menyebar kemana-mana. Untuk penggunanya sendiri, baik muda maupun kalangan yang sudah berumur pun sepertinya sangat banyak sekali terutama di Indonesia. Entah itu disadari ataupun tidak.

Untuk mengetahui sebuah software asli atau tidak sebenarnya gampang saja. Dengan sedikit melakukan pencarian online maka informasinya pun bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi, bisa dibilang bahwa 99 % pengembang software yang ada kemungkinan besar memiliki website atau situs utamanya. Disana, Anda akan mengetahui informasi tersebut.

Yang jelas gini...

Jika sebuah software memiliki versi Premium/Pro, kebanyakan pasti akan bisa didapatkan jika kita melakukan pembelian di situs resminya atau situs lain yang bekerja sama dengan situs utama. Kalaupun ada yang dibagikan gratis, biasanya hanya versi Trial-nya saja. Versi percobaan. Biasanya hanya bisa digunakan dalam kurun waktu tertentu. Baik satu bulan dan sebagainya.

Nah, sekarang jawab pertanyaan saya.

Jika di laptop Anda saat ini ter-install perangkat lunak seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, ataupun CorelDraw, berarti Anda pernah melakukan pembelian di situs resminya atau setidaknya di gerai resminya kan? Bagaimana dengan sistem operasi WIndows di laptop Anda?

Jika Tidak, berarti Anda palsu. hehehe.
Berarti yang Anda miliki saat ini adalah yang versi bajakannya.

Paling umum ya, mungkin download di salah satu situs yang juga menyediakan crack/serial number dan sebagainya yang memungkinkan software tersebut menjadi versi premium.
Benar atau betul?

Sayapun dulunya begitu, tapi untuk saat ini No Way!

Memang untuk ukuran kebanyakan kita terutama pelajar dan mahasiswa, harga sebuah perangkat lunak cukup mahal. Yang jelas jutaan. Dan itu baru software saja. Bagaimana kalau 10? Widihhh, niatnya mau belajar malah tekor duluan.

Untuk mengakali kondisi yang demikian, sebenarnya sudah banyak software alternatif dari perangkat utama yang sudah terlanjur populer atau banyak penggunanya. Misalnya, jika tidak mampu membeli CorelDraw dan juga tidak tertarik menggunakan yang versi trial, Anda bisa menggunakan InkScape. Begitu juga seterusnya.

Alasan menghindari penggunaan Software bajakan

Berbicara mengenai pelarangan, maka tidak akan luput dengan sisi yang sifatnya berbahaya terutama bagi pengguna perangkat lunak palsu.

Dalam hal pembelian pun kita tetap harus hati-hati apakah itu memang asli dari pengembang resminya atau bukan. Biasanya bisa dibandingkan melalui harga.

Karena, ada juga tool bajakan yang dijual dengan harga yang sedikit lebih murah dari harga aslinya. Itulah pentingnya mengetahui situs utama penjualan software tersebut.

Bahaya penggunaan software bajakan

Untuk lebih jelasnya mengenai kenapa Anda harus berhenti mendownload dan menggunakan software bajakan, berikut alasannya.

1. Karena itu ilegal, bosku!

Ini sudah pasti dapat dipahami dengan baik kan? Developer perangkat lunak sudah jelas-jelas mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga para pegawainya untuk mengembangkan sebuah software.

Mereka juga harus melegalkan usahanya dengan syarat harus berbadan hukum dan segala peraturan lainnya. Dan, kita sendiri menggunakan yang versi bajakannya?

Saya pun merasa kecewa karena selama bertahun-tahun malah "merendahkan" mereka dengan melakukan hal ini meskipun itu sudah berhenti secara total.

Sebuah instansi ataupun institusi pun seharusnya melakukan hal yang sama yaitu dengan mencari alternatif lain atau melakukan pembelian dalam mendukung dunia kerja maupun pendidikan yang sedang dijalankan.

Kebanyakan dari kita awalnya beralasan bahwa itu sebagai salah satu sarana pembelajaran saja. Namun, berapa banyak dari kita yang akhirnya memutuskan untuk membeli ketika proses belajar itu sudah selesai?

Lihat di perkantoran baik swasta maupun pemerintahan, masih banyak kok yang pakai. Dan, ini sangat disayangkan.

2. Tidak mendapatkan dukungan pelanggan dan update terbaru

Jika terdapat error ketika suatu software bajakan dijalankan, memang melakukan pencarian di Google akan banyak membantu. Dan, terkadang update dari aslinya pun pada banyak kesempatan tidak begitu diperlukan karena kebutuhan kita dalam penggunaannya sudah lebih dari cukup.

Namun, itu juga berarti bahwa kita tidak dapat menikmati secara penuh fitur yang bisa jadi sangat bermanfaat. Ibaratnya, ngapain mereka update kalau memang gak berguna sama sekali? Tentunya pemutakhiran tersebut juga akan sangat membantu bagi usernya kan!?

Jadi, yah. Kita benar-benar akan ketingalan disana.

3. Software bajakan berbahaya bagi komputer/laptop Anda

Seperti menyelam di air keruh, begitu pula perangkat lunak jika mengunakan yang versi palsunya. Kita tidak akan pernah tahu sekeliling dan bagian bawah dari air tempat kita menyelam. Gelap gulita dan kita justru diintai oleh bahaya yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Penggunaan software yang demikian tentunya juga merupakan salah satu pintu bagi virus, spyware, malware dan sebagainya dimana pintu tersebut selalu terbuka setiap saat.

"Ah, selama ini baik-baik saja"
Gumam Anda dalam hati.

Disisi lain, jutaan pengguna lainnya sudah menjadi korban pencurian data pribadi, kartu kredit, perbankan dan masih banyak lagi. Bagaimana mengembalikan itu semua?
Harus sabar karena akan ribet lagi kan!?

Bagaimana jika laptop Anda pun mengalami kerusakan pada sistem operasinya padahal Anda sudah menggunakan yang versi asli? Bagi mereka yang tidak paham, selain waktu dan tenaga, terkadang juga harus kembali mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

4. Haram

Saya awalnya tidak percaya. Namun, pernah sekali mengakses video ceramah beberapa pendakwah di YouTube dan ternyata hal ini sangat dilarang juga dalam Islam.

Tentunya, keyakinan yang lain pun sepertinya akan sama karena sudah benar-benar merugikan orang lain. Masa iya, kita gak dapat izin pemiliknya tapi bisa dengan bebas memakainya. Yang bajakan pula. Entah itu untuk keperluan pribadi, lebih-lebih lagi yang bernilai komersil.

Cuma bisa berdo'a mudah-mudahan dosa saya dalam hal penggunaan software ini bisa diampuni oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin.

Mulai melindungi diri Anda sendiri, saat ini juga!

Tentunya ini menjadi ajakan untuk tidak lagi menggunakan software bajakan apapun baik yang dijual di pasaran maupun yang dapat di unduh secara online. Secepat mungkin. Kalau bisa saat ini juga.

Langkah pertama untuk memulainya ya uninstall sekarang juga semua software yang terindikasi sebagai bajakan di laptop Anda. Selanjutnya, cari alternatif untuk setiap perangkat lunak yang Anda butuhkan baik untuk keperluan kerja maupun yang mendukung pendidikan Anda.

Di awal sudah juga saya sampaikan untuk mencari situs asli penyedia/vendornya agar bisa diketahui apakah itu legit atau bukan. Selanjutnya adalah dengan bersikap realistis. Sudah capek loh para pengembang membuat software, masa iya kita berkontribusi dalam merugikan mereka. Jangan begitu pemirsa sekalian!

Sebagaimana yang tertulis mengenai bahaya penggunaan software bajakan diatas, tentunya itu baru beberapa saja dan pasti masih banyak lagi yang mengintai jika kita pertimbangan secara lebih mendalam.

Dan, meskipun melakukan penghematan (uang) bisa menjadi motif penggunaan perangkat lunak palsu, namun itu seharusnya tidak menjadi satu-satunya alasan utama yang harus Anda pilih. Karena masih banyak cara lainnya agar Anda tetap aman dengan menggunakan software sejenis dengan kegunaan yang sama.

Selebihnya, semua tergantung Anda sendiri mengenai jalan mana yang akan Anda tapaki. Bagi penulis sendiri, berhenti menggunakannya adalah salah satu solusi paling realistis dan mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.