Langsung ke konten utama

Kenapa Anda Juga Harus Memiliki Blog Ketimbang Sekedar Ber-Sosial Media Ria

Blog merupakan salah satu portal online yang bisa Anda manfaatkan untuk mempublikasikan apapun yang Anda inginkan. Tentunya yang positif-positif saja ya.

Anda bisa menerbitkan konten kesayangan Anda meskipun hanya sekedar gambar ataupun video bahkan status media sosial yang hanya terdiri dari beberapa deret kalimat. Namun, kemampuan mengelola blog memberikan kita kendali lebih dibandingkan dengan media sosial. Peluang untuk dibaca oleh orang manapun di seluruh dunia terbuka secara lebar (luas) meskipun butuh waktu untuk mencapainya.

Berbeda dengan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan sebagainya yang kontennya mampu dijangkau oleh siapapun dalam waktu yang singkat dengan sekedar bermodalkan foto/status dengan embel-embel hastag (#) agar keterjangkauan postingan Anda lebih mudah untuk dilihat.

Selain kendali yang lebih besar, blog juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dengan hasil yang terkadang melebihi pemikiran kita sendiri.

Monetisasi (menguangkan) konten di blog dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling umum adalah dengan bergabung dalam jaringan periklanan agar blog Anda bisa menampilkan iklan dari jaringan yang Anda ikuti. Paling besar yang menjadi target blogger Tanah air dan juga dunia adalah layanan periklanan dari Google yang disebut Google AdSense.

Di media sosial seperti Facebook pun bisa melakukannya dengan bergabung dalam layanan Facebook Instant Article. Namun, karena kepemilikan blog sepenuhnya menjadi milik dan tanggung jawab kita, maka media sosial manapun bisa dianggap hanya sekedar pelarian sesaat saja.

Kenapa Anda Harus Memiliki Blog?

Selain beberapa alasan diatas, masih banyak peluang untuk mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan ngeblog. Saking banyak kegunaannya, sepertinya susah untuk dijabarkan semuanya. Namun, penulis akan coba memberikan beberapa poin penting lainnya yang bisa Anda ambil hikmahnya (pembelajarannya). Semoga ya.

Beberapa poin utama untuk saya sampaikan dalam artikel ini dapat Anda baca selengkapnya dalam daftar yang telah disediakan dibawah ini. Meskipun mungkin masih belum semuanya, tapi sebisa mungkin tujuan utamanya bisa tersampaikan dengan baik.

1. Menjadi otoritas dalam suatu topik tertentu dengan blog

Jika Anda memutuskan untuk menulis dan mempublikasikannya melalui blog untuk satu topik tertentu yang Anda minati dan kuasai, maka secara perlahan (tanpa disadari) Anda sebenarnya menjadi salah satu "orang penting" dalam topik yang dibahas.

Meskipun banyak Professor di dunia ini, namun jika mereka tidak menyebarluaskan tulisannya secara bebas yang dapat diketahui publik, maka Anda bisa mengambil peluang tersebut bahkan tanpa Anda rencanakan sekalipun.

Contohnya begini.

Ada ahli yang paham betul secara mendalam mengenai Energi Terbarukan dan aplikasinya dalam kehidupan. Ahli tersebut pun didukung dengan pendidikan tinggi yang bertingkat-tingkat dengan gelar dari berbagai Universitas terkenal dan mendunia. Belum termasuk berbagai penghargaan yang pernah diraihnya.

Namun, jika berbagai penelitiannya hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja, bisa jadi ia hanya akan dikenal oleh kalangan terbatas itu saja.

Disisi lain, muncul seorang yang bernama Adinda Dewi (misalnya). Boro-boro seorang ahli, pengertian dari energi terbarukan saja baru ia ketahui.

Namun, ia kemudian memutuskan untuk membagikan pengetahuannya yang sedikit itu lewat blog yang baru saja ia buat. Tak hanya itu, semakin hari, ia juga semakin menambah pengetahuannya tentang topik tersebut dan selalu meluangkan waktu untuk membaginya bersama para pembaca setianya.

Tak terasa, satu blog dengan topik energi tersebut sudah memiliki puluhan hingga ratusan artikel yang diterbitkan. Tentunya, bukan yang sekedar comot sana-sini (copy paste) tapi betul-betul original karyanya sendiri. Buah dari belajar dan pengalaman yang ia dapatkan selama beberapa bulan/tahun terakhir.

Ribuan pembaca sudah mampu ia dapatkan selama satu hari dan beberapa diantaranya adalah juga seorang blogger. Karena menganggap bahwa Adinda Dewi ini memiliki pengetahuan yang cukup dan berbagai artikelnya dapat dipahami dengan mudah dan juga berguna, akhirnya blogger lainnya pun berlomba-lomba mempublikasikan tulisan mengenai dirinya dan memberikan rujukan dalam bentuk link ke blog Adinda Dewi tersebut karena sangat dipercaya.

Eh, ternyata situs besar nasional juga kebetulan membahasnya dan melakukan hal yang sama seperti blogger lainnya. Sehingga, satu nama tersebut menjadi terkenal bahkan mendapatkan banyak tawaran wawancara di tv pada topik yang bersangkutan.

Kira-kira, bagaimana nasib Professor tadi?

Bukannya ia yang dipanggil untuk wawancara, malah blogger kelas teri dari seorang bocah ingusan yang (mungkin) tamat SD pun, tidak. Tapi itulah gunanya berbagi lewat blog. Sesuatu yang awalnya mustahil bisa dicapai bahkan oleh siapapun selama tekun dan tetap jujur dalam membagikan pengetahuannya.

Akhirnya, untuk urusan energi terbarukan, nama Adinda Dewi-lah yang akan pertama muncul. Bukan si Professor tadi.

Dia kemudian menjadi ahli dalam topik tersebut karena tulisannya dapat diakses dengan mudah di internet dan bernilai guna bagi bangsanya. Berbeda dengan Professor tadi yang hanya terkenal dalam suatu komunitas tertentu saja.

Duh, jadi panjang gini membahasnya. Tapi, paham kan ya?

2. Menulis di blog dapat meningkatkan pengetahuan

"Penulis yang baik adalah juga pembaca yang baik."
Pada banyak kesempatan, apa yang akan kita tulis juga memerlukan referensi lain dari penulis atau blogger lainnya. Untuk memahami apa yang orang lain telah publikasikan, maka kita harus membacanya, kan?

Saat membaca berbagai referensi tersebutlah kita juga belajar dan menghasilkan beberapa peningkatan pengetahuan. Dari yang sebelumnya tidak kita ketahui akhirnya mampu kita pahami dengan baik. Dan, untuk memotivasi kegiatan tersebut maka niat berbagi lewat blog bisa menjadi salah satunya.

Alasan memiliki blog dibanding sosial media

Jika memungkinkan, sebenarnya ini juga bisa menjadi salah satu alernatif metode belajar bagi orang yang dianggap malas. Siapa tahu justru kegiatan ini malah menjadi menarik.

Dengan berbagi, maka kita juga bisa mengetahui pandangan orang lain lewat komentar yang mereka berikan dalam tulisan kita. Hal itu bisa saja akan memberikan sudut pandang yang baru terhadap persoalan yang sedang dibahas.

3. Dapat pahala

Itu kenapa sejak awal saya sampaikan kenapa kita harus posting yang bernilai positif saja. Setidaknya, berbagi hal yang berguna bagi orang lain merupakan salah satu bentuk kebaikan yang dapat kita lakukan dengan mudah.

Udah jadi otoritas, dapat pahala pula. Siapa yang gak pengen coba. Betul gak?

Namun, jika masih ada yang posting yang enggak-enggak, baiknya berbenah diri dulu. Takutnya bukan pahala yang di dapat tapi malah dosa.

Memangnya ada orang yang kayak begitu?
BANYAK!

4. Peluang monetisasi yang lebih besar untuk kebebasan finansial Anda

Meskipun ini sudah sedikit dibahas diatas, namun tetap dibuat poin khusus untuk diinformasikan. Terutama tertuju pada mereka yang masih ragu dan menganggap enteng peluang penghasilan online dari blog.

Gini deh ya. Kenapa situs sekelas Detik, Kompas, Merdeka dan masih banyak lagi menampilkan iklan di situsnya?
Karena mereka pengen aja gitu?
Biar situsnya terlihat ramai gitu?

Salah satu alasan utamanya adalah karena itu merupakan bisnis yang sangat menjanjikan secara finansial dan kemampuan dalam produksi uangnya juga SANGAT BESAR.

Masa iya masang iklan orang lain di situs sebesar itu tapi gak dapat apa-apa atau sekedar receh.

Karena itu, hapus saat ini juga pemikiran yang menganggap bahwa mendapatkan uang secara online menggunakan blog itu mustahil. Jika masih berpikir demikian, berarti ada yang salah dengan Anda.

Apakah blog kecil bisa melakukan hal yang sama?

Website diatas juga awalnya kemungkinan masih kecil juga. Ibarat bayi, masa iya lahir langsung brewok!? Namun mereka tetap konsisten untuk mempublikasikan artikel dengan format berita dan sebagainya. Hingga pada akhirnya, beberapa situs tersebut menjadi besar sampai hari ini.

Blogger juga gak boleh kalah!
Harus tetap semangat dan termotivasi untuk tetap mengupdate artikel. Dan, FOKUS!
Itu juga saran bagi pribadi penulis sendiri ya.

Selain pasang iklan, bisa juga menawarkan kerja sama untuk mempublikasikan artikel orang lain dengan bonus link menuju blog mereka. Bisa juga dengan mengikuti program afiliasi dari berbagai produk baik digital maupun fisik. Atau, mau melakukan transaski jual beli blog juga bisa jika Anda mau.

Terus, blognya menggunakan platform apa?

Banyak. Baik yang berbayar maupun yang gratis. Tapi, jika Anda ingin menginginkan yang gratisan, bisa dimulai dengan mendaftar di beberapa penyedia berikut ini:
  1. Blogger: Nama blog Anda jadinya akan seperti pinkfavor.blogspot.com.
  2. Wordpress: pinkfavor.wordpress.com.
  3. Tumblr: pinkfavor.tumblr.com.
  4. Dan, masih sangat banyak lagi.
Contoh dari nama-nama blog diatas merupakan blog yang dibangun menggunakan Sub-Domain. Jika menginginkan menggunakan domain sendiri seperti .com (misalnya: www.pinkfavor.com) maka harus beli dulu nama domainnya. Murah kok, kadang gak nyampe 100 ribu sudah bisa dapat yang nama domainnya dengan akhiran atau ekstensi .com tersebut.

Lalu, kenapa blog ini belum menggunakan yang domain sendiri? Kenapa belum menggunakan Top Level Domain/TLD (Domain Tingkat Atas)?

Yah, karena ini cuma salah satu dari sekian banyak blog yang saya kelola. Masih ada lagi yang lainnya baik yang TLD maupun yang gratisan.

Antara Blog dan Sosial Media

Bagi seorang blogger, keduanya sangatlah dibutuhkan. Media sosial baik facebook, pinterest, Instagram dan sebagainya bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan artikel atau konten blog. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan backlink dan juga pengunjung agar pembaca blognya semakin bertambah. Jadi tambah terkenal deh (meskipun kadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Yang jelas, keduanya bisa jalan secara beriringan.

Yang pasti gini...
Coba Anda bayangkan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk buka Facebook setiap hari? Bagaimana jika waktu tersebut Anda alihkan untuk membuat konten di blog saja? Meskipun ala kadarnya. Ga masalah. Setidaknya, 1 artikel dalam satu hari/minggu. Jika selama setahun dilakukan, setidaknya sudah akan ada puluhan bahkan ratusan dan juga ribuan artikel di blog Anda.

Lalu, kalau cuman main fb saja, hasilnya apa? Apalagi jika digunakan bukan untuk berbisnis. Nanti malah tambah sedih loh.

Malah habis-habiskan kuota (uang) dan waktu saja kan? Padahal Anda bisa lebih produktif dengan memanfaatkan keduanya. Waktu pun kemungkinan tidak akan terbuang percuma karena ada hal positif yang Anda bagikan ke orang lain.

Mulailah Membuat Blog Sekarang Juga!

Dengan menggunakan beberapa platform/layanan penyedia blog gratisan diatas, syarat yang harus dipenuhi hanya satu (1). Iya cuma satu saja, gak banyak. Yaitu dengan hanya memiliki Email saja.

Boleh dikatakan, hamper semua atau jangan-jangan semua platform memang bisa mendaftar dengan menggunakan satu email saja. Apalagi layanan yang telah disebutkan diatas. Selebihnya hanya mengisi form pendaftaran online yang sudah disediakan. Mudah kok. Kalau sudah buka link diatas, entar juga paham sendiri.

Kalau belum, silahkan berselancar ria di internet. Sudah banyak yang memberikan panduan atau tutorial cara membuat blog baik di blogger maupun wordpress dan seterusnya. Paling 5 menit selesai. Yang penting koneksi internet ada dan lancer jaya.

Sekian tulisan ini. Semoga Anda tertarik untuk mulai terjun dalam dunia blog yang sangat bermanfaat ini. Jangan lupa bagikan artikel ini jika Anda angap bermanfaat. Kalau ada pertanyaan, silahkan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.