Langsung ke konten utama

Menaikkan Harga Barang Demi dan Karena Apa?

Artikel ini saya tulis oleh sebab adanya penaikan harga barang yang biasa saya beli, yaitu Jus Buah Naga yang dipasarkan di salah satu cabang Indomaret yang berlokasi di salah satu ruas jalan Jogja.

Harganya biasa dijual Rp. 5.000,- Dan saat artikel ini dimuat telah naik menjadi Rp. 7.000,-

Alasan menaikkan harga barang

Saya sendiri tidak tahu sejak kapan hal ini terjadi karena beberapa hari sebelumnya saya berada di kota lain. Dan, meskipun sudah mengalami peningkatan harga, masih saja saya membelinya. Soalnya memang niat kesana hanya untuk beli ini saja. Meskipun, saya sendiri merasa seolah kaget dengan adanya keputusan baru dari pemilik produk ini.

Terkait hal ini, (mungkin) akan ada orang yang berpikir bahwa alasan utama merubah harga menjadi lebih besar adalah agar keuntungan yang didapatkan pun lebih besar pula. Ibaratnya, kalau dijual seharga 5 ribu saja sudah ada untungnya, apalagi jika dibanderol 7 ribu.

Bagaimana pun, saya sebenarnya memaklumi perubahan ini. Terlebih buah naga sendiri tidak banyak yang memproduksinya (menanam). Di Jogja sendiri memang sudah ada perkebunannya, namun adanya peningkatan permintaan (termasuk dari kota dan provinsi lain), maka dalam waktu yang cepat, buah ini menjadi barang yang cukup sulit didapatkan.

Hasil nanya-nanya saya dengan pedagang buah tahun lalu saat ingin membeli buah naga, katanya buahnya sendiri hanya dijual pada bulan-bulan tertentu saja selama setahun. Sebab masa panennya yang tidak bisa dilakukan sepanjang tahun.

Ada faktor kelangkaan disini ketika sebuah produk memiliki bahan utama yang tidak bisa didapatkan setiap hari.

Sejalan dengan ini, beberapa tahun yang lalu juga terjadi kelangkaan pada stok bensin di beberapa daerah di Papua. Tidak mngherankan ketika harga per liternya pun naik menjadi 50-100 ribu.

Baca juga: Dana ADD dan Peningkatan Penjualan Barang di Papua

Selain itu, meskipun (misalnya) buah naga sendiri sudah bisa diproduksi secara terus-menerus sepanjang waktu, harga 7 ribu ini termasuk masihlah sangat murah. Karena ketika membeli di penjual jus lainnya, setidaknya akan mengeluarkan biaya minimal 8 ribu-an dan mungkin juga lebih.

Perubahan harga ini juga bisa jadi disebabkan oleh jumlah pekerja yang semakin banyak. Saya sih gak tahu pemilik jus ini, tapi mungkin saja kan hal tersebut terjadi. Semakin tinggi tingkat penjualannya, akan semakin meningkat pula stok yang disediakan.

Saya sebagai seorang pedagang merasakan bahwa hal tersebut juga merupakan hal yang wajar. Apalgi bisnis juga butuh untuk melakukan ekspansi baik perluasan tempat produksi, pindah tempat maupun berbagai target-target pencapaian lainnya di masa mendatang.

Apalagi, jus harus tetap dalam kondisi yang dingin. Tentunya kebutuhan untuk pembayaran listrik juga harus tetap dipikirkan.

Sepertinya itu saja dulu curhat dan pengalaman kali ini. Gak tahu deh tulisan ini ada manfaatnya atau tidak. Semua saya kembalikan ke Anda. Yang jelas, terima kasih sudah berkunjung dan jangan lewatkan artikel lainnya juga di blog ini.

Sehat selalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.