Blog Multi Niche Juga Harus Dirawat Secara Telaten

Blog Multi Niche Juga Harus Dirawat Secara Telaten

Yang saya pahami, telaten itu kita harus mengerjakan sesuatu secara sabar dan teliti (cermat). Begitu juga ketika mengelola blog multi niche atau gado-gado. Apalagi didukung dengan sedikitnya modal untuk mendapatkan backlink seperti kebanyakan blogger senior yang memanfaatkan PBN, baik buat sendiri maupun menggunakan jasa pihak lain.

Hal tersebut terbukti bisa meningkatkan rangking sebuah domain dan juga artikel kala berkompetisi di mesin pencari sebagaimana banyaknya publikasi konten yang pernah saya baca sebelumnya. Tentunya, itu juga akan berpeluang untuk mendapatkan penghasilan online yang lebih besar lagi.

Saat terjun ke dunia ngeblog sendiri terutama mengusung tema gado-gado, persaingannya lebih ketat lagi. Apalagi jika tidak disertai dengan riset kata kunci menggunakan berbagai tool online seperti Google Keyword Planner dan lain sebagainya. Saya pribadi biasanya melewati langkah ini karena terlalu merepotkan. Terlebih ingin tetap belajar meningkatkan kualitas tulisan secara alami tanpa adanya "perintah" dari berbagai tool tersebut. Juga karena ingin tetap berbagi yang entah akan bernilai guna pada pembaca atau tidak, saya tidak tahu.

In many cases, I just do whatever i want and not too much care about anything.

Untuk mendongkrak popularitas blog gado-gado sendiri di mesin pencari, meskipun susah namun tetap saja bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan secara terus menerus memproduksi konten. Jika terlalu repot memanfaatkan keyword planner, bisa dengan cara nebeng popularitas dari hasil Google Trend. Memanfaatkan kepopuleran informasi dari apa yang sudah terbukti dicari oleh pembaca online.
Rekomendasi: 9 Cara Saya Menulis Artikel SEO di Blog
Atau bisa juga dengan Google Suggest (auto-complete) yang merupakan "saran" kata kunci dari Google ketika kita memasukkan sebuah kata atau kalimat pada kotak pencarian dan akan secara otomatis memberikan deretan kalimat yang mampu "menebak" apa yang sedang kita butuhkan.

Pada beberapa kesempatan, saya juga seringkali terbantu dengan adanya kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) yaitu keyword yang relevan dengan kata kunci utama. Terletak di bagian bawah hasil pencarian yang ditandai dengan adanya tulisan "Penelusuran terkait dengan kata kunci utama" atau "Searches related to kata kunci utama."

Jika setiap kata kunci tersebut disatukan baik utama maupun sinonimnya, maka setiap artikel yang dipublikasikan akan kaya akan kata kunci dimana Google sendiri menyarankan untuk melakukan demikian. Asal jangan stuffing saja.

Dengan cara itu saya membangun beberapa blog gado-gado sebelumnya dan Alhamdulilah hasil cukup menggembirakan tanpa adanya backlink. Kalaupun ada, hanya hadiah dari Google secara yang biasanya bersumber dari blogspot itu sendiri.

Hal lain yang tak kalah pentingnya lagi untuk telaten merawat blog gado-gado adalah perencanaan konten terutama pada bagian kategori/label.

Penyertaan kategori untuk setiap artikel tentunya akan sangat membantu bagi pembaca yang ingin menelusuri lebih jauh mengenai apa saja yang bisa mereka dapatkan dari blog Anda. Selain memudahkan pembaca, sebenarnya juga akan memudahkan kita sendiri karena akan mengarahkan untuk menulis apa saja yang mampu kita selesaikan.

Beberapa kali, ketika telah buntu untuk menulis ide postingan, saya biasanya memperhatikan label-label ini. Mana yang kira-kira menarik untuk saya tulis saat ini? Di kategori mana yang artikelnya masih sedikit? Dan beberapa pertanyaan lain yang membantu.

Sebanyak apapun kategori, jika masing-masing juga memiliki jumlah artikel yang sama (banyak), maka peluang untuk mendulang pengunjung juga akan lebih besar.

Baca juga:
Baik blog multi topik maupun gado-gado yang lainnya pun demikian cara saya merawatnya. Meskipun tanpa adanya ratusan bahkan ribuan backlink. Daripada mencari untuk memasang backlink dimana, akan lebih baik waktunya dimanfaatkan untuk membuat konten baru bagi blog gado-gado. Lumayan meskipun hanya ratusan kata.


EmoticonEmoticon