Langsung ke konten utama

Antara Blogger dan Internet Positif di Indonesia

Blogger dan konten positifSaya baru terpikir untuk menuliskan artikel ini. Entah sejak kapan pertama kali wacana dan gerakan internet sehat, positif, maupun internet baik mulai disosialisasikan di Indonesia. Yang pasti, itu merupakan langkah positif baik dari pemerintah maupun pihak swasta yang terlibat untuk mengontrol penyebaran informasi di dunia maya.

Blogger pun bisa mengambil bagian dalam hal ini. Bahkan mungkin sudah banyak yang berpartisipasi aktif. Meskipun, sangat disayangkan masih ada saja di kalangan blogger yang juga menggunakan blog untuk menyebarkan informasi dan konten yang negatif.

Konten-konten yang bernuansa dewasa dan juga perjudian banyak yang masih bisa diakses dengan mudah bahkan tanpa adanya filter dari pengelola blog itu sendiri dalam hal pembatasan umum. Setidaknya himbauan dalam situsnya untuk kalangan remaja dan anak tidak ada sama sekali. Tidak heran jika nama situs yang demikian akan saya masukkan dalam list untuk melaporkannya.

Dulu, pelaporan yang saya lakukan bisa melalui Nawala Project (www.nawala.id), dan setelah saya periksa kembali, formulir pengajuan pelaporan inipun masih ada. Selain itu, melaporkan situs ke Kominfo pun sudah bisa dilakukan.

Apa yang bisa dilakukan seorang Blogger?

Tentunya hal pertama adalah dengan tidak membuat situs dengan konten terlarang. Jangan tambah lagi sesuatu yang seharusnya tidak untuk dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. Sebagai contoh adalah blog dengan konten dewasa. Saya harus akui bahwa konten blog yang demikian berpeluang untuk mendapatkan banyak pengunjung dalam waktu yang singkat. Bahkan tanpa harus repot mikirin SEO dan berbagai teknik penggaet trafik lainnya.

Coba saja cek di Google Keyword Planner mengenai kata kunci yang berhubungan dengan blog/situs lendir ini. Bisa geleng-geleng kepala saya melihat volume pencariannya.

Hal kedua yang bisa blogger lakukan adalah dengan membuat list situs dan blog bermuatan negatif tersebut yang masih bisa diakses kemudian melaporkannya. Blogger sendiri kerap akrab dengan dunia penelusuran informasi menggunakan mesin pencari. Dari sini sebenarnya kita bisa sedikit meluangkan waktu untuk membuka satu atau beberapa situs.

Jika khawatir jangan sampai melihat gambar atau video yang tidak-tidak di web yang akan diakses tersebut, silahkan saja lakukan pengaturan browser Anda agar javascript dan juga gambar yang akan termuat nanti tidak ditampilkan.

Jika benar-benar terindikasi negatif, masukkan kedalam daftar pelaporan dan sesegera mungkin untuk mengirimkannya. Bisa juga dengan menyebarkan daftar tersebut ke kalangan blogger lainnya agar permintaan pembatasan dan penutupan akses terhadap daftar blog tersebut diharapkan lebih cepat untuk ditinjau mengingat banyaknya yang melaporkannya. Membuat postingan semacam inipun, sangat saya sarankan meskipun itu saya kembalikan lagi ke Anda semua keputusannya.

Terakhir, ngeblog saja dengan menyebarkan informasi yang sehat dan berguna. Kali aja bernialai kebaikan. Syukur-syukur bisa mendapatkan penghasilan. Kalaupun tidak, saya kira sesuatu yang positif (kebaikan) tersebut tidak akan kadaluwarsa. Hidup kita juga mungkin akan lebih tenang dengan mengetahui bahwa ternyata apa yang kita posting bisa membantu para pembaca. Dan jika itu terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga turut membantu bangsa ini dalam menyediakan informasi yang sehat.

Setidaknya, generasi selanjutnya bisa mendapatkan manfaat dari apa yang hari ini Anda publikasikan. Bukan malah sebaliknya.

3 hal diatas sepertinya sangat mudah untuk seorang blogger lakukan. Apalagi tidak dibutuhkan adanya kerja keras yang menguras pikiran. Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan yang mungkin belum bisa terpikirkan oleh saya.

Baca juga: 3 Situs Untuk Beli Template Blogger Premium

Saya tidak tahu sejauh mana langkah-langkah diatas akan terealisasi, tapi setidaknya saya ingin mengambil bagian dalam menyajikan konten positif untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas. Begitupun ajakan saya kepada Anda.

Bagaimana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.