Cara Memperkecil Ukuran Foto di GIMP

Memperkecil ukuran foto sendiri saya lakukan untuk kebutuhan beberapa postingan artikel yang ada di blog ini agar waktu loading (memuat halaman) tidak terlalu lama sebab resolusi gambar yang tinggi. Dan, saya melakukannya menggunakan GIMP sebagai software alternatif Photoshop sebagaimana yang pernah saya bahas sebelumnya.

Mengurangi ukuran foto yang akan saya bahas kali ini akan berarti 3 hal, yaitu;
1. Mengecilkan dimensi gambar (lebar dan tinggi).
2. Mengurangi resolusi foto.
3. Mengurangi kapasitasnya untuk menghemat penggunaan hardisk dan juga hosting blog.

Caranya sangatlah mudah. Meskipun hasil yang didapatkan masih lebih bagus dari Photoshop, namun tetap patut dicoba. Saya sendiri menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan GIMP versi 2.8.22. Hal ini saya sampaikan untuk antisipasi jika ada yang menggunakan selainnya. Sebab akan berpengaruh pada penggunaan shortcut dan mungkin juga perbedaan tampilan. Terlebih jika sudah ada update terbaru.

Cekidot!

1. Memasukkan gambar ke GIMP

Untuk memuat foto kedalam perangkat lunak ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan melakukan drag and drop yaitu memilih gambar dalam folder penyimpanan laptop sambil mengarahkannya langsung kedalam GIMP yang sudah dibuka. Cara kedua adalah menggunakan shortcut di keyboard dengan menekan Ctrl + O hingga muncul kotak dialog baru.

Dalam kotak dialog tersebut, silahkan pilih drive dan folder tempat Anda menyimpan file gambar kemudian pilih (seleksi) dan tekan Open pada opsi yang ditampilkan dalam kotak dialog untuk mulai memuat gambar. Di dalam softwarenya sendiri, cara kedua ini dapat pula diakses dengan memilih menu File - Open.

Silahkan pilih salah satu dari kedua cara diatas, mana yang akan Anda gunakan.

2. Mengurangi dimensi dan resolusi foto

Dimensi dan resolusi telah disampaikan sebelumnya pada poin 1 dan 2 di awal. Dan, keduanya dapat dilakukan dengan memilih menu Image - Scale Image. Kotak dialognya pun akan terbuka yang berisi beberapa pengaturan terkait kedua poin tersebut. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

Kotak dialog merubah ukuran dan resolusi gambar di GIMP
Kotak dialog pengaturan Scale Image.
Keterangan:
  • Pada pilihan Image Size (ukuran gambar) yang terlihat diatas terdiri atas 3 yaitu Width (lebar), Height (tinggi) dan px (pixels) yang merupakan satuan dari gambar tersebut. Terlihat juga adanya ikon rantai. Ikon tersebut berguna saat Anda merubah nilai (misalnya lebar gambar) maka nilai dari tinggi gambar akan berubah secara otomatis dan ukurannya tetap proporsional. Namun, jika ikon tersebut di klik maka tampilannya akan berubah. Dan, jika merubah nilai dari salah satu kotak, maka kotak yang lainnya tidak akan berubah.
  • XY Resolution: Mengacu pada resolusi gambar. Untuk tampilan desktop, resolusi standarnya adalah 72 px. Jika gambarnya ber-resolusi tinggi diatas itu, baiknya dikurangi atau menggunakan resolusi standar saja.
  • Quality: Pada banyak gambar yang pernah saya coba untuk mereduksi kapasitasnya, opsi ini tidak berpengaruh sama sekali. Jadi saya biarkan saja pada pilihan Sinc (Lanczos3) atau None.
Jika pengaturan pada bagian ini sudah selesai, langsung saja klik Scale untuk memproses pengaturan baru yang diterapkan. Dan, beberapa saat kemudian tampilan gambar akan berbeda dari aslinya jika nilai pada lebar dan tinggi diatas telah diubah.

3. Menyimpan hasil akhir gambar

Langkah selanjutnya adalah dengan menyimpan hasil dari berbagai perubahan yang telah Anda terapkan barusan. Saya sendiri biasanya menggunakan jalan pintas dengan menekan Shift + Ctrl + E pada keyboard. Bisa juga dengan mengakses menu File - Export As.

Cara ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file baik dengan format asli maupun ketika ingin merubahnya. Misalnya, aslinya berformat .png kemudian Anda ingin menjadikannya .jpeg.

Saat proses penyimpanan ini, kotak dialog terakhir yang akan muncul adalah sebagai berikut.

Kotak dialog save gambar di GIMP

Pada bagian gambar yang diberi kotak merah diatas merupakan kapasitas akhir dari gambar tersebut. Diatasnya terdapat Quality yang merujuk pada kualitas foto. Semakin kecil nilainya, maka foto akan semakin "pecah." Pada bagian bawahnya, beberapa opsi tidak tercentang karena bisa sedikit memperbesar kapasitas jika Anda memilihnya. Jika sudah, langsung klik Export untuk mulai menyimpannya.


Begitulah cara saya mengurangi ukuran, kapasitas dan resolusi gambar menggunakan GIMP. Panduan ini memanglah belum lengkap, apalagi pada berbagai opsi belum dijelaskan secara penuh. Jadi, silahkan untuk menambah referensi lainnya terkait hal ini. Terlebih saya juga masih pemula dan baru mulai menggunakannya.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon