Langsung ke konten utama

Cara Menampilkan Layer Effects di GIMP

Layer Effects di GIMP sama dengan Layer Styles di Adobe Photoshop. Fungsinya sangatlah beragam. Bisa untuk membuat garis luar dan dalam (outline/stroke) objek seperti teks, menerapkan warna gradasi (gradient), menerapkan efek bayangan pada objek dan sebagainya. Sayangnya, saat pertama kali menginstallnya, ternyata fitur ini belum termasuk didalamnya. Jadi, diperlukan langkah tambahan untuk bisa menampilkannya di GIMP.

Layer Effects di GIMP

Dalam GIMP, ternyata alat ini dibuat terpisah. Bahkan, dianggap sebagai Plugin tersendiri. Dan, nama pluginnya pun sama yaitu layer effects. Untuk mendapatkannya, silahkan menuju link ini: Download Plugin Layer Effects.

Dalam link tersebut, terdapat file yang harus Anda unduh dengan nama layerfx.py. Jika sudah tersimpan di laptop Anda, buka GIMP dan pilih Edit - Preferences untuk melihat lokasi (folder) plugin yang sudah terinstal. Jika sudah terbuka, pilih Folders lalu Plug-Ins. Pada sebelah kanan, akan ada 2 lokasi penyimpanan dan pilih salah satu. Kalau saya sendiri memilih lokasi penyimpanannya di C:\Program Files\GIMP 2\lib\gimp\2.0\plug-ins.

Lokasi penyimpanan Plug-Ins GIMP di drive laptop

Silahkan copy file yang baru diunduh tadi dan paste kedalam lokasi penyimpanan tersebut. Jika ada kotak dialog pertanyaan untuk mendapatkan izin administrator, klik continue saja untuk melanjutkan.

Untuk melihat apakah plug-ins tersebut sudah aktif, silahkan pilih menu Layer. Pada bagian terbawah, seharusnya layer effects ini sudah ada, lengkap dengan beberapa opsi efeknya. Bisa juga dengan melakukan klik kanan pada layer objek di dokumen.

Baca juga:
Karena sebelumnya GIMP telah Anda buka softwarenya, baiknya di close dulu lalu buka kembali agar tampilan plug-ins ini bisa muncul dengan baik.

Sekian panduan singkat ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.