Password Anda Rumit dan Sulit Diingat? Simpan di Laptop Saja!

Menyimpan password rumit dan sulit diingat di laptopPassword yang dalam Bahasa Indonesia kita sebut sebagai Kata Sandi adalah salah satu kunci utama untuk mengakses akun online baik akun media sosial, platform e-mail maupun website. Saat membuat email baru di GMail, Google menyarankan untuk menggunakan kata sandi yang minimal terdiri dari 8 karakter. Kombinasi antara huruf (besar dan kecil), angka dan juga simbol.

Dengan 8 karakter diatas, maka kombinasi yang bisa diciptakan adalah sejumlah 6.634.204.312.890.625. Silahkan cari cara membacanya. Dan, 1 dari kombinasi yang ada adalah kata sandi yang Anda gunakan.

Kalau mau dicari satu-satu secara manual dari sekian banyak kombinasi tersebut, yakin mau buang-buang umur Anda?! Entahlah kalau hacker, mungkin menggunakan tool atau software khusus dan sebagainya.

Tentunya, semakain banyak karakter yang terdiri dari huruf besar dan kecil, angka serta berbagai simbol, maka semakin sulit pula password Anda untuk ditebak karena kombinasinya menjadi jauh lebih banyak. Namun, menjadi semakin bingung juga Anda dalam mengingatnya. Bahkan, akan lupa sendiri.

Contoh. Kata sandi Anda adalah P2)s$H.D1x*i4Y^b8, ini cara mengingatnya bagaimana? Kalau mau latihan sehari sih bisa saja hal itu memungkinkan. Namun, bisa saja menghafal sehari itu tidak akan banyak diantara kita yang melakukannya.

Pengalaman pribadi mengatakan bahwa dengan menyimpannya sebagai file dari perangkat lunak seperti Microsoft Office atau juga WPS Office, maka hal itu tentu akan sangat membantu.

Jika khawatir jangan sampai dibuka atau dicopy oleh orang lain, filenya bisa diberi password juga ketika dibuka. Bahkan, mau sampai foldernya juga dikasih password pun, ok ok saja. Berikan saja password yang singkat yang sekiranya dapat Anda hafal dengan mudah.

Folder penyimpanannya pun bisa Anda sembunyikan atau samarkan dengan nama yang tidak menarik untuk diklik.

Dengan cara ini, maka berapa banyak pun akun online yang Anda miliki, dapat dengan mudah untuk diakses dengan modal copy paste password akun dari file yang sudah Anda buat.

Baca juga: Cara Non-Aktifkan Aplikasi Startup di Windows 10

Setidaknya, dengan metode seperti ini, semua akun yang saya miliki saat ini belum pernah sekalipun "dicuri."

Namun, bagaimanapun metode yang kita gunakan, berbicara masalah sistem keamanan, tentu akan ada saja kelemahannya, seyakin apapun kita terhadap cara yang digunakan. Tapi seenggaknya, dengan cara yang saya lakukan diatas, Alhamdulillah selama bertahun-tahun, aman-aman saja.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon