Cara Murah Mengirim Barang ke Papua Dari Jawa

Cara Murah Mengirim Barang ke Papua Dari Jawa

Pengalaman kami sebagai pedagang di Papua, jika modal sedang banyak-banyaknya (minimal 50 juta) maka biasanya perbelanjaan dilakukan di pulau Jawa. Alasannya adalah harga yang murah dan juga variasi barang yang lebih beragam.

Bahkan, terkadang modal yang tadinya dirasa banyak, bisa-bisa tidak cukup karena banyaknya barang baru yang memiliki potensi besar jika dijual kembali.

Baik di Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, hingga Jawa Barat dan Jakarta yang dijadikan lokasi paling sering untuk berburu barang murah dan bagus. Namun, kebanyakan akan berakhir di Surabaya ketika berbicara urusan pengiriman barang. dan, rata-rata uang juga paling sering digunakan di kota ini.

Untuk menghemat pengeluaran dengan mengurangi biaya pengiriman barang ke Papua, satu-satunya cara yang paling sering kami gunakan adalah dengan memanfaatkan layanan pengiriman transportasi laut. Dengan asumsi bahwa barang yang akan dikirim dalam jumlah yang banyak. Setidaknya minimal belanjanya adalah 20 juta. Harga demikian tentunya volume dan berat barang cukup menjadi alasan untuk tidak melakukannya dengan jasa kirim pos, tiki maupun jne.

Baca Juga: Cara Kirim Barang Murah Dengan Pesawat

Penggunaan transportasi laut inipun dibagi atas 3 yaitu melalui:
  1. Kapal Pelni
  2. Tol Laut
  3. Jasa Ekspedisi Khusus (kargo/kapal barang)
Pengiriman murah ke Papua dari Jawa

Untuk menggunakan layanan pengiriman via Pelni, bisa dengan datang langsung ke kantornya yang berlokasi di dekat kantor Gubernur Jatim (jika di Surabaya). Disana nanti akan diarahkan bagaimana prosedur dan juga berapa biayanya.

Untuk Tol Laut sendiri sepertinya banyak tersedia layanannya. Waktu itu salah satu kerabat kami menggunakan jasa Tol Laut di Surabaya yang berlokasi di sekitar bagian belakang kawasan Jembatan Merah Plaza Surabaya.

Sedangkan jasa ekspedisi kargo yang biasanya menggunakan kapal barang ini, penyedia jasanya bisa dibilang sangat banyak. Di bagian belakang kantor Gubernur Jatim pun tinggal pilih mau pakai yang mana.

Yang juga membuat Surabaya sangat potensial untuk layanan pengiriman melalui jalur laut adalah karena ketersediaan pelabuhannya yang bisa melayani (mungkin) sampai ke seluruh Indonesia.

Rekomendasi bisnis: Mendapatkan Penghasilan Dengan Menjual Sampah Kertas

Namun, ada baiknya untuk sedikit "berhati-hati" jika menggunakan pengiriman yang berada dekat dengan lokasi pelabuhan. Bukannya tidak aman, tapi harganya yang bisa melangit. Entah apa penyebabnya. Tapi coba bandingkan saja apa yang Anda temui di kawasan perkotaan 9dekat lokasi belanja dan penginapan) dengan yang berlokasi dekat pelabuhan. Jangan sampai saya keliru.

Tapi, biasanya kami para pedagang yang jualan di Papua jarang yang menggunakan ekspedisi dekat pelabuhan. Selain faktor harga, tidak tahu apa faktor lainnya.

Mengenai ongkos, mungkin tidak akan saya sampaikan dalam artikel ini karena banyaknya variabel yang mempengaruhi. Jadi baiknya langsung ke kantor penyedia jasanya masing-masing.

Semoga artikel singkat ini memberi manfaat ke Anda. Sehat selalu untuk semua keluarga Indonesia.


EmoticonEmoticon