2 Cara Non-Aktifkan Update Otomatis Windows 10

Menghentikan update otomatis pada Windows 10 itu sangatlah mudah. Dan dalam artikel ini akan disajikan 2 cara untuk me-nonaktifkannya sebagaimana yang saya lakukan.

Terdapat tiga alasan kenapa saya melakukannya. Yang pertama adalah untuk menghemat kapasitas hard disk agar tidak cepat penuh karena bagaimanapun juga, setiap update yang terinstall akan membutuhkan sejumlah kapasitas tertentu dalam menyimpannya.

Alasan kedua adalah untuk mencegah pengurangan kuota internet. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika melakukan koneksi menggunakan jaringan inernet dari hp.

Di internet sendiri sudah sangat banyak dan beragam cara yang bisa dilakukan untuk mematikan update otomatis ini. Namun, sepanjang yang saya ingat, hanya kedua cara inilah yang saya lakukan dan memang berhasil.

Alasan yang terakhir adalah, terkadang ketika sedang menggunakan, proses instalasi dan aktivasi dari update yang ada mengganggu aktivitas lainnya. Bahkan kadang melakukan restart tanpa saya ketahui. Jika sedang mengerjakan sesuatu yang penting, tentu ini akan sangat mengganggu.

Yuk, pelajari langkah-langkahnya berikut ini.

1. Non-aktifkan update Windows 10 lewat Settings

Buka Start Menu pada bagian bawah sebelah kiri taskbar, lalu klik pada ikon Settings untuk membuka pilihan Windows Settings (sama dengan Control Panel). Setelah itu, pilih Update & Security. Akan terbuka pengaturan yang salah satunya adalah Windows Update. Di dalam setingan ini, klik Advanced options.

Control Panel untuk nonaktifkan update Windows 10

Sudah? Setelah itu, lanjutkan dengan menghilangkan tanda centang pada pilihan yang ada dalam bentuk kotak. Dan langkah pertama ini sudah selesai Anda lakukan.

2. Menggunakan aplikasi Services bawaan Windows 10

Untuk membuka aplikasi Services, cukup dengan mengetikkan kata services tersebut di kolom pencarian pada taskbar Windows hingga muncul aplikasinya pada bagian atas dan bisa di klik. Jika sudah terbuka, langsung cari pilihan Windows Update lalu klik kanan pada opsi tersebut dan pilih Properties. Pada bagian tab General, klik pada Stop untuk menghentikan jalannya proses update. Juga terdapat opsi Startup type dimana Anda akan merubahnya menjadi Disabled agar layanannya tidak berjalan secara otomatis ketika laptop atau PC baru saja dinyalakan.

Pengaturan Services untuk menghentikan update otomatis Windows 10

Kalau sudah, silahkan simpan pengaturan baru ini dengan memilih Apply lalu OK.

Baca juga: Cara Aman Hapus File Secara Permanen di Windows 10/8/7

Bagaimana jika ingin mengaktifakan update pada Windows 10?

Diatas sudah dijelaskan cara untuk menghentikan proses update otomatisnya, lalu bagaimana jika suatu waktu Anda ingin mendapatkan update dari Windows 10?

Pada langkah pertama diatas ketika mengakses Windows Update, juga terdapat opsi Check for updates. Silahkan klik pada pilihan tersebut untuk mendapatkan pembaruan Windows 10 yang sudah disediakan. Tentunya proses ini harus dalam kondisi laptop terkoneksi ke jaringan internet, ya.

Jika tahap-tahap diatas sudah diterapkan, jangan lupa untuk me-restart laptop Anda agar perubahannya bisa berjalan secara maksimal.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon