Langsung ke konten utama

4 Cara Cepat Untuk Screenshot Layar di Windows 10

Ada masanya ketika kita diharuskan untuk menangkap tampilan layar (screenshot) di laptop atau PC. Dalam aktivitas nge-blog juga saya sering melakukannya untuk menampilkan gambar tertentu terutama yang mendukung konten tutorial.

Jika menggunakan Windows 10, setidaknya akan ada 4 cara untuk melakukannya yaitu menggunakan tombol PrtSc (Print Screen) dan aplikasi bawaannya yang bernama Snipping Tool serta penggunaan shortcut di keyboard.

1. Menggunakan tombol PrtSc (Print Screen)

Saat menggunakan tombol PrtSc di keyboard, seluruh bidang layar akan tertangkap semua. Tidak kurang dan tidak lebih. Kelemahan menggunakan cara pertama ini adalah tidak bisanya kita melakukan seleksi untuk bagian tertentu saja. Jadi, jika ada objek yang ingin dihilangkan, harus melakukan pengeditan lanjutan menggunakan aplikasi atau software lainnya. Misalnya memotong atau crop objek gambar menggunakan GIMP.

2. Menggunakan aplikasi bawaan: Snipping Tool

Karena adanya kekurangan dari metode pertama diatas, akhirnya dibutuhkan cara kedua yaitu menggunakan Snipping Tool.

Aplikasi bawaan Windows 10 ini sepertinya ada juga di versi sebelumnya. Bahkan yang Windows XP saja kayaknya sudah ada, deh. Saya sendiri lupa, tapi pernah juga menggunakan ini saat jaman masih XP atau mungkin Windows Vista. Lama amat, yak.

Dan setelah berkunjung ke www.termasmedia.com, akhirnya serasa diingatkan kembali. Makasih loh. hehehe.

Cara menggunakan Snipping tool ternyata cukup mudah. Pertama-tama, saya biasanya mengaksesnya menggunakan Search Windows pada taskbar, ketikkan nama aplikasinya disana dan kalau sudah ketemu, silahkan langsung di klik untuk membukanya.

Setelah itu, pilih menu New untuk membuat screenshot baru dan sesaat kemudian, tampilan layar akan sedikit transparan/blur serta kursor mouse akan bertanda +.

Snipping tool untuk screenshot layar monitor laptop

Nah, tinggal di klik saja dari bagian mana layar yang akan diambil sebagai gambar. Setelah itu, lepaskan mouse jika bagian akhir objek telah selesai ditentukan. Jika sudah, nanti Snipping tool akan secara otomatis membuka objek gambar yang baru saja Anda tangkap tadi. Kalau ingin langsung menyimpannya, tinggal pilih saja menu File > Save As. Format gambar yang didukung hanya ada 3 saja yaitu .PNG, .JPG, dan juga .GIF

Rekomendasi: Cara Crop Gambar di GIMP dengan Rectangle Select

3. Cara mengambil Screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar secara otomatis

Cara ini adalah dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard yaitu dengan menekan Windows + PrtSc. Sesaat, layar laptop akan berkedip sangat cepat. Mungkin sebagai pertanda bahwa prosesnya sedang berlangsung.

Anda juga tidak perlu lagi menggunakan GIMP atau Paint di Windows 10 untuk menempelkan hasilnya karena akan secara otomatis tersimpan dalam format .PNG di folder Pictures > Screenshots.

Lokasi folder penyimpanan otomatis hasil screenshot

Kelemahannya menggunakan metode ini ya tidak bisa menangkap layar hanya pada bagian tertentu saja. Karena prosesnya melakukan screenshot pada keseluruhan bidang layar. Sama dengan cara pertama diatas.

4. Menggunakan shortcut Windows + Shift + S

Dengan kombinasi pintasan diatas, maka screenshot bisa dengan mudah dilakukan. Cara ini merupakan rekomendasi utama saya karena kita bisa melakukan seleksi pada bagian tertentu saja. Jadi mau menangkap layar secara keseluruhan maupun pada objek yang diinginkan saja, bisa.

Setelah menggunakan shortcut diatas, silahkan buka Paint, file Word, atau aplikasi apapun untuk mem-paste hasil tangkapan layar.

Cara ini selain sebagai yang tercepat juga sangat efektif karena kemampuannya yang mendukung seleksi pada bidang tertentu. Sesaat setelah melakukan seleksi ini, file akan secara otomatis ter-copy sehingga tinggal ditempelkan saja di media lainnya.

Dan, selesai. Semoga berguna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Bye.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.