Cara Crop Foto di GIMP Dengan Alat Seleksi Rectangle

Dalam prakteknya, crop dilakukan untuk memperkecil dimensi foto. Gambar yang tadinya full, kemudian kita putuskan untuk menampilkan bagian-bagian atau objek tertentu saja. Dengan menggunakan GIMP, hal itu tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Dan, salah satu alat yang akan digunakan adalah Rectangle Select (R) yang berfungsi untuk melakukan seleksi terhadap objek. Kemudian akan dikombinasikan dengan satu langkah selanjutnya.

Di Indonesia, penggunaan software ini sendiri sepertinya tidaklah se-populer Adobe Photoshop. Mengenai kenapa Anda harus mulai menggunakan GIMP, sudah pernah saya bahas sebelumnya. Selain link tersebut, lanjutkan juga dengan membaca mengenai alasan untuk tidak menggunakan software bajakan.

Sebagaimana fungsi crop pada penjelasan singkat diatas, contoh penerapan tool seleksi Rectangle akan tampak seperti gambar berikut.

Cara crop foto di GIMP dengan alat seleksi Rectangle Select

Pada gambar diatas, tampak bahwa objek yang telah di seleksi menggunakan Rectangle Select ditandai dengan munculnya kotak yang terbentuk dari kumpulan garis putih dan hitam putut-putus.

Untuk mengaktifkan fungsi tool tersebut, bisa dengan menekan huruf R pada keyboard sebagai shortcut-nya. Setelah itu, langsung arahkan kursor ke titik mana (titik awal) Anda akan melakukan seleksi pertama kali dan tentukan juga posisi akhir dimana Anda akan melepaskannya. Saat melakukan seleksi tersebut, tekan dan tahan mouse Anda dan lepaskan ketika telah menentukan titik akhirnya.

Pada gambar diatas, saya memulainya dari sudut atas kiri dan menjadikan sudut kanan bawah sebagai posisi akhir dari seleksi foto.

Setelah menentukan area seleksi tersebut, untuk melakukan crop terhadap gambar sangatlah mudah. Caranya adalah dengan melakukan Klik Kanan di dalam area seleksi dan pilih Image - Crop to Selection.

Dan sesaat kemudian, hasil akhir dari proses tersebut hanya akan menampilkan bagian gambar yang masuk dalam area seleksi yang telah ditentukan sebelumnya. Dan, bagian gambar yang tidak masuk dalam seleksi akan secara otomatis dihilangkan.

Selesai.

Untuk crop foto sendiri, tool khusus untuk melakukannya di GIMP sebenarnya sudah ada. Sedangkan, cara ini hanyalah satu dari sekian teknik yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil ukuran foto di GIMP dengan tujuan memperkecil dimensi (lebar dan tinggi).

Semoga panduan singkat ini bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda. Terima kasih.


EmoticonEmoticon