Langsung ke konten utama

Crop Foto Secara Otomatis di GIMP

Crop gambar otomatis di GIMPCrop foto atau gambar bisa dilakukan secara otomatis di GIMP tanpa harus melakukan seleksi terhadap objek dan langkah lainnya.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pada dasarnya, hasil crop gambar ini hanya untuk menampilkan bagian tertentu saja saat disimpan. Sedangkan bagian gambar lainnya, dihilangkan (dihapus).

Sebuah objek baik foto maupun shape biasanya akan memiliki sudut yaitu pada bagian atas dan bawah serta samping yang jumlah total sudutnya adalah 4. Tersebar pada bagian kanan dan kiri. Apapun bentuknya, termasuk lingkaran.

Saat bekerja pada layer transparan yang sudah berisi objek, terkadang kita menyimpan file gambarnya dalam bentuk jpeg maupun jpg. Dan dengan format gambar tersebut, maka layer transparan tadi akan secara otomatis terisi warna putih sebagai latar belakangnya. Dan tentunya, dimensi gambar (lebar dan tinggi) pun akan tetap terhitung.

Berbeda dengan PNG yang biasanya mampu untuk menampilkan gambar meskipun tanpa warna pada background dan warna putih tersebut tidak akan terlihat sebagaimana yang terjadi pada jpeg dan jpg.

Dalam kondisi demikian, saya pribadi biasanya melakukan crop terhadap gambar yang akan disimpan dengan format yang mendukung JPEG image ini. Biasanya memanfaatkan tool seleksi terlebih dahulu lalu melakukan pemotongan objek. Namun, kali ini tidak perlu repot untuk melakukannya seperti itu karena sudah ada tool khusus untuk crop objek secara otomatis.

Yaitu dengan mengakses menu Image > Autocrop Image.

Dan secara otomatis, GIMP akan melakukan proses yang hasilnya hanya akan menampilkan gambar dengan batas pada masing-masing bidang terluar dari objek yang ada. Dan biasanya hanya sekitar 1 atau 2 detik untuk menunggu hasilnya.

Sangat cepat dan mudah dilakukan, bukan?

Tutorial lainnya: Cara Mengatur Posisi Objek di GIMP

Jika memanfaatkan tool seleksi, biasanya kita sedikit direpotkan dengan penentuan titik awal dan akhir. Apalagi harus melakukan zoom agar kedua titik tersebut sesuai dengan keinginan kita. Tapi dengan menggunakan menu diatas, tentu hal ini juga akan membantu proses kerja atau produktivitas saat menggunakan GIMP.

Sekian cara crop otomatis ini. Semoga bisa berguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.