Efek Foto Halus Bercahaya di GIMP

Tutorial GIMP kali ini adalah untuk meningkatkan warna foto dan membuat fokusnya terlihat lebih halus. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebenarnya sangatlah mirip jika melakukannya menggunakan Photoshop. Efek foto ini juga pada banyak tutorial sering disebut sebagai soft glowing atau dreamy effect. Namun, saya sebut saja berefek halus bercahaya karena hasil akhirnya tampak demikian.

Perbandingan antara foto sebelum dan sesudah pengeditan dapat dilihat pada gambar di bawah ini (kiri = sebelum).

Maksimal waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto seperti tampak pada gambar sebelah kanan adalah sekitar 5 menit, bahkan mungkin tidak akan sampai selama itu. Dalam pengerjaannya, dibutuhkan satu filter, 2 layer dan kemudian menggabungkannya dengan penerapan mode pada layer tersebut.

Sebenarnya, dengan hanya menggunakan 1 layer saja sudah bisa. Namun, saya biasanya menghindari hal tersebut untuk menjaga agar layer gambar original terhindar dari berbagai perubahan pengaturan efek dan filter. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu dalam proses bekerja, terkadang kita membutuhkan gambar asli untuk kemudian diterapkan berbagai pengaturan yang terkadang membutuhkan banyak layer untuk sebuah projek.

Meningkatkan warna dan Memperhalus Fokus Gambar di GIMP

Proses awal ini bertujuan untuk meningkatkan warna dari foto asli yang akan digunakan. Pada gambar diatas (kanan), terlihat bahwa bagian wajah si anak berwarna merah merona sebagai hasil akhir dari pengeditan yang saya lakukan. Sedangkan pada sisi kiri, masih merupakan gambar awal sebelum disentuh dengan berbagai perubahan. Namun, dasarnya tetap berwarna sedikit kemerahan.

Untuk panduan pada tahap pertama ini, berikut langkah-langkahnya.

1. Duplikasi layer gambar asli

Sesaat setelah membuka gambar di GIMP, maka gambar tersebut akan secara otomatis di dalam sebuah layer. Biasanya disebut background layer. Salah satu cara melakukan duplikat terhadap layer foto asli tersebut adalah dengan melakukan klik kanan pada layer dan pilih Duplicate Layer.

Setelah itu akan muncul layer kedua dengan nama yang persis seperti aslinya namun adanya embel-embel copy dibelakangnya. Hal ini karena proses duplikat tersebut tak ubahnya melakukan copy paste. Tampilannya akan terlihat seperti gambar berikut yang nama layernya telah dibuah dengan klik 2X pada nama layer sebelumnya.

Tampilan layer di GIMP

Oh ya, jika tampilan GIMP tidak memunculkan toolbox layer ini, silahkan pilih menu Windows - Dockable Dialogs - Layers. Atau bisa dengan hanya menekan Ctrl + L pada keyboard jika menggunakan sistem operasi Windows pada laptop.

2. Menggunakan Filter Gaussian Blur

Pastikan bahwa Anda saat ini aktif bekerja pada layer kedua. Untuk mengetahuinya, cukup klik satu kali saja pada layer tersebut dan warnanya akan menjadi biru (warna bawaan ketika memilih layer).

Setelah itu, pilih menu Filter - Blur - Gaussian Blur. Setelah terbuka kotak pengaturannya, silahkan diisi seperti gambar di bawah ini.

Setingan filter gaussian blur untuk memperhalus gambar

Karena Anda akan praktek dengan gambar yang berbeda, maka silahkan bereksperimen dengan pengaturan yang berbeda pula. Terutama pada opsi Horizontal dan Vertical yang mungkin nilainya tidak akan sama.

Saat awal menerapkan pengaturan diatas, terlihat pada gambar preview (pratinjau), foto menjadi kabur/buram (blur). Tapi biarkan saja demikian karena nantinya akan membantu untuk memperhalus fokus (ketajaman gambar).

3. Merubah mode layer gambar

Masih aktif di layer kedua. Pada bagian teratas tampilan layer, akan terlihat opsi Mode yang bawaannya secara otomatis ada pada pilihan Normal. Silahkan klik pada bagian tersebut dan ubah menjadi Overlay. Lebih jelasnya, lihat kembali gambar susunan layer pada langkah 1 diatas.

Dan, Anda sudah 99% telah menyelesaikan panduan ini. Sisanya hanyalah berurusan dengan pengaturan Opacity pada layer tersebut. Jika Anda ingin menurunkan sedikit tingkat warna dan keburaman pada foto, silahkan ubah nilai pada opacity tersebut dengan mengetikkan langsung nilainya (angka). Maksimal adalah 100 dengan satuan persen, namun satuan tersebut tidak perlu untuk dituliskan. Cukup angkanya saja.

Dan, selesai!

Baca juga tutorial GIMP lainnya:
Anda sekarang sudah mampu membuat efek foto soft glowing pada gambar yang ada. Untuk hasil akhir dari gambar yang saya gunakan, berikut penampakannya.

Efek foto soft glowing menggunakan GIMP

Terapkan pengaturan yang berbeda untuk hasil yang Anda inginkan. Apalagi jika pengeditan menggunakan gambar yang berbeda. Silahkan bereksperimen. Namun, langkahnya sama dengan apa yang saya telah sampaikan diatas. Atau ada teknik lainnya?

Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk share tutorial ini. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda. Terima kasih.


EmoticonEmoticon