Langsung ke konten utama

Cara Aman Hapus File Secara Permanen di Sistem Operasi Windows 10/8/7

Menghapus file yang tidak diperlukan lagi di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows (10, 8, 7 dan sebagainya) mungkin bukan hal yang begitu penting. Apalagi untuk menghapusnya secara permanen atau setidaknya susah untuk dikembalikan lagi, banyak pengguna yang sudah paham dalam melakukannya.

Tapi semenjak tidak semua diantara kita yang juga belum tahu, maka saya tuliskan saja kembali. Barangkali ini bisa membantu, terutama untuk pemula.

Biasanya, banyak yang saya temui sekedar menekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus file yang telah dipilih atau melakukan klik kanan dan memilih delete. Hal ini bisa saja dilakukan, jika file tersebut penting dan sewaktu-waktu ingin dikembalikan lagi (restore). Atau mungkin saat itu kita sedang keliru dan salah menghapus file, meskipun sepertinya peluang untuk melakukan hal tersebut sangatlah tipis.

Dengan cara ini, file yang telah dihapus tidak benar-benar hilang dari laptop karena akan secara otomatis dipindahkan ke direktori Recycle Bin sebagai tong sampahnya data.

Kalau ingin dikembalikan lagi, tinggal klik kanan pada file yang sudah dihapus dan pilih restore. Maka data tersebut akan ditempatkan kembali ke lokasi asalnya dalam drive dan folder yang sama seperti sebelumnya.

Sayangnya, cara ini akan tetap menggunakan kapasitas hard disk Anda (biasanya di Drive C). Jadi, menghapus file dengan cara demikian, bukan berarti bahwa hard disk juga akan berkurang pemakaiannya. Tidak sama sekali.

Untuk itu, diperlukan cara kedua. Bahkan kalau bisa, cara inilah yang akan terus Anda gunakan ketika file yang sudah Anda tentukan, benar-benar akan dihapus. Yaitu dengan menekan Shift dan Delete pada keyboard secara bersamaan.

Cara menghapus file secara permanen di Windows

"Apakah Anda yakin untuk menghapus 2 item ini secara permanen?"

Setidaknya begitulah terjemahan dari pertanyaan pada gambar diatas yang akan menghapus 2 file yang telah saya seleksi.

Dengan cara tersebut, maka file yang sudah Anda hapus tidak akan lagi tersimpan di Recycle Bin. Benar-benar telah terhapus secara permanen dan akan menghemat kapasitas hard disk Anda sejumlah file yang dihapus tadi. Jika ingin mengembalikannya, harus menggunakan software khusus yang mendukung recovery data (pengembalian data).

Langkah tambahan untuk membantu agar file tersebut tidak mudah untuk dikembalikan lagi adalah menggunakan CCleaner karena memiliki fitur yang bernama Wipe Free Space.


Tinggal pilih drive yang ingin dihapus (tidak akan menghapus data yang ada), tunggu prosesnya selesai dan file yang telah dihapus sebelumnya sudah dihilangkan secara permanen dari laptop Anda. Dan akan semakin susah untuk mengembalikannya lagi, meskipun sudah menggunakan perangkat lunak tambahan. Peluangnya sangatlah kecil.

Jadi, amanlah sudah file yang sudah Anda hilangkan tadi.

Baca juga: ImageGlass Untuk Menampilkan Foto Denga Fitur yang Menarik

Anda tentunya sudah tahukan jika selanjutnya ingin menghapus file secara permanen akan menggunakan cara seperti apa?!

Jika informasi ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke teman-teman Anda. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.