Menghemat Kapasitas Hard Disk Laptop Dengan CCleaner

Sudah bertahun-tahun saya menggunakan CCleaner untuk menghemat penggunaan kapasitas hard disk di laptop. Anda pun mungkin masih atau setidaknya pernah memakainya. Atau jangan-jangan belum pernah sama sekali?

Ada satu cerita yang menurut saya lucu ketika membeli laptop baru beberapa bulan yang lalu. Salah satu pihak layanan pelanggan atau mungkin teknisi di toko tersebut memberitahu saya bahwa, kalau pakai Sistem Operasi Windows 10, tidak perlu lagi untuk menginstall CCleaner atau software terkait lainnya jika ingin menghapus riwayat penggunaan laptop. Meskipun ia sendiri tidak menjelaskannya kenapa dan saya juga tidak memberikan pertanyaan lanjutan terkait hal tersebut.

Namun, saya kembali berpikir mengenai kegunaan dari perangkat lunak ini. Setidaknya, ada 2 yang paling sering saya rasakan manfaatnya yaitu untuk menghapus history baik penggunaan laptop terkait software maupun browser, dan juga untuk mengidentifikasi lalu memperbaiki kesalahan yang terdapat pada registry.

Karena kedua fungsi tersebut merupakan manfaat utama yang bisa kita dapatkan bahkan hanya bermodal versi download gratisnya. Terlebih menggunakan versi Pro, apalagi Professional Plus. Pokoknya, tidak diperlukan software bajakan. Karena yang free sudah sangat mencukupi.

Di Windows 10 sendiri memang terdapat beberapa cara untuk menghapus riwayat penggunaan ini, bahkan melihat dan menghapusnya secara online pun bisa namun harus memiliki akun Microsoft dulu. Banyaknya cara dan pembuatan akun ini bagi saya terlalu merepotkan. Mau hapus riwayat saja harus login dan terhubung ke jaringan internet. Sementara, disisi lain kita bebas memutuskan untuk memakai software pihak lain dengan mudah. Dan, saya pribadi selalu menggunakan cara kedua tersebut dan CCleaner biasanya menjadi pilihan utama dalam melakukannya.

Rekomendasi dari karyawan toko diatas tentunya saya abaikan. Terlebih penggunaan CCleaner sendiri sangat mudah dan juga ringan. Saat memasangnya di laptop pun tidak memerlukan kapasitas yang besar. Dengan hanya beberapa MB saja sudah mencukupi. Pokoknya tidak mungkin akan menghabiskan hard disk secara signifikan. Bahkan, cenderung terabaikan sebenarnya. Saking kecilnya penggunaan hard disk yang dibutuhkan saat proses instalasi selesai dilakukan.

Selama sekitar 1 bulan terakhir, history windows 10 tidak pernah saya bersihkan. Sementara untuk browser yang saya gunakan, biasanya beberapa hari sekali melakukan kegiatan "bersih-bersih" ini. Kalau software yang lainnya, riwayatnya pun tidak pernah saya hapus. Mari kita lihat tampilan kondisi penggunaan dan sisa hard disk dari laptop yang saya gunakan di gambar berikut.

Kapasitas Hard Disk dan sisanya

Cukup jelas bukan? Sekarang bagaimana ketika saya menggunakan CCleaner untuk mengidentifikasi riwayat penggunaan laptop dan juga aplikasi serta browser. Lebih jelasnya, lihat pada gambar berikut ini.

Menghapus file sampah data di laptop dengan CCleaner

Saat melakukan analisis (identifikasi) file sampah data yang seharusnya dihapus menggunakan CCleaner diatas, terdapat setidaknya 887 MB file yang memakai kapasitas hard disk laptop. Dan berbagai jenis dan format data tersebut, bagi saya sangat perlu untuk dihapus agar performa dan kapasitas bisa meningkat.

Baca Juga: 10 Manfaat Menggunakan Google Drive

Setelah dibersihkan (clean) maka hasil yang didapatkan akan seperti ini.

Penyimpanan Hard Disk lebih hemat setelah memakai CCleaner

Sisa kapasitas hd yang awalnya 83.5 GB kemudian bertambah menjadi 84.4 GB. Drive atau lokasi penyimpanan yang biasanya terpengaruh paling seringnya adalah pada bagian Drive C sebagai lokasi instalasi windows dan juga berbagai software dan aplikasi.

Dari hasil yang saya dapatkan ini, sudah barang tentu bahwa saran dari teknisi toko sebelumnya tidak akan saya ikuti. Juga tidak perlu repot menggunakan berbagai cara menghapus file riwayat penggunaan dari windows itu sendiri maupun penghapusan riwayat dari software. Terlalu merepotkan. Menurut saya sih begitu.

Wong sudah ada perangkat lunak seperti CCleaner atau sejenisnya yang hanya melakukan beberapa kali klik, langsung beres. Belum termasuk dengan berbagai fitur lainnya yang disediakan. Padahal ini saja hanya meggunakan versi gratis.

Itu baru laptop saya saja. Di laptop teman-teman lainnya yang tahunya hanya make tok bisa lebih banyak lagi. Bahkan kadang sampai 5 GB atau lebih. Tidak heran ada yang mengeluh kenapa warna drivenya memerah dan bilang kapasitas hard-disknya banyak terpakai. Terang saja, ternyata file-file sampah ini ternyata tidak pernah dihapus. Alhasil, kecepatan laptop juga akhirnya menurun.

Tapi setelah saya perlihatkan hasil dari menggunakan CCleaner, pada senang tuh satu-satu.

Karena saya juga menggunakan dan mendapatkan manfaatnya, maka ini juga akan menjadi rekomendasi dari saya bagi Anda agar menggunakan CCleaner untuk menghemat kapasitas hard disk dan meningkatkan kinerja laptop atau pc biar tidak lemot.

Semoga bermanfaat. Sehat selalu untuk Anda dan laptop Anda. Terima kasih.


EmoticonEmoticon