ImageGlass, Software Ringan Untuk Menampilkan Foto di Windows 10 Dengan Fitur yang Menarik

Artikel ini terinspirasi dari cukup lemotnya (lama) saat saya membuka gambar/foto di laptop menggunakan image viewer bawaan dari Windows 10. Laptopnya sendiri cukup mantap dari segi performa (kecepatan). Setidaknya, jika membandingkan antara membuka foto yang sama memakai penampil gambar windows dengan ImageGlass, hasilnya cukup terasa.

Lebih cepat melakukannya dengan ImageGlass ketimbang bawaan dari Windows 10 ini.

Perangkat lunak ini sendiri sangatlah ringan. Untuk mengunduhnya pun, file yang didapatkan hanya berkapasitas sekitar 13 MB saja.

Menariknya lagi, dalam perangkat lunak ini juga bisa menampilkan pratinjau dalam bentuk thumbnail dari foto yang berada dalam satu folder. Sudah barang tentu ini akan sangat berguna bagi navigasi pengguna yang tidak harus bolak-balik mengakses antara Windows Explorer dengan ImageGlass untuk menemukan foto yang ingin ditampilkan.

ImageGlass sebagai image viewer di Windows 10

Selain itu, format gambar pendukungnya juga sangatlah beragam. Bahkan sampai bisa untuk menampilkan format file Photoshop (.PSD). Hingga tulisan ini dimuat, lebih tepatnya telah terasosiasi dengan sejumlah 71 format file.

Asosiasi format file di ImageGlass

Saat menampilkan gambar, pengguna juga disediakan fitur untuk melihatnya dengan mode latar belakang transparan seperti yang biasa tampak pada layer transparan Photoshop atau GIMP. Dan beberapa mode tampilan lainnya.

Hal terakhir yang juga tak kalah menariknya adalah fitur konversi gambar (convert image) dimana kita bisa merubah format file gambar asli ke format lainnya seperti BMP, EXIF, PNG, dan sebagainya. Jadi misalnya Anda memiliki gambar jpeg yang ingin diubah ke TIFF, maka hal itu juga bisa dilakukan.

Merubah format file foto di ImageGlass

Dengan meng-install software ini sebagai alternatif dari bawaan Windows 10 yaitu Photos, maka Anda setidaknya akan mendapatkan manfaat berupa ringannya dalam penggunaan dan juga berbagai fitur yang tak kalah menariknya untuk tidak terlewatkan.

Baca ini juga ya: 4 Software Pemutar Video di Laptop dan PC

Saya sudah mencobanya, bagaimana dengan Anda?


EmoticonEmoticon