Langsung ke konten utama

ImageGlass, Software Ringan Untuk Menampilkan Foto di Windows 10 Dengan Fitur yang Menarik

Artikel ini terinspirasi dari cukup lemotnya (lama) saat saya membuka gambar/foto di laptop menggunakan image viewer bawaan dari Windows 10. Laptopnya sendiri cukup mantap dari segi performa (kecepatan). Setidaknya, jika membandingkan antara membuka foto yang sama memakai penampil gambar windows dengan ImageGlass, hasilnya cukup terasa.

Lebih cepat melakukannya dengan ImageGlass ketimbang bawaan dari Windows 10 ini.

Perangkat lunak ini sendiri sangatlah ringan. Untuk mengunduhnya pun, file yang didapatkan hanya berkapasitas sekitar 13 MB saja.

Menariknya lagi, dalam perangkat lunak ini juga bisa menampilkan pratinjau dalam bentuk thumbnail dari foto yang berada dalam satu folder. Sudah barang tentu ini akan sangat berguna bagi navigasi pengguna yang tidak harus bolak-balik mengakses antara Windows Explorer dengan ImageGlass untuk menemukan foto yang ingin ditampilkan.

ImageGlass sebagai image viewer di Windows 10

Selain itu, format gambar pendukungnya juga sangatlah beragam. Bahkan sampai bisa untuk menampilkan format file Photoshop (.PSD). Hingga tulisan ini dimuat, lebih tepatnya telah terasosiasi dengan sejumlah 71 format file.

Asosiasi format file di ImageGlass

Saat menampilkan gambar, pengguna juga disediakan fitur untuk melihatnya dengan mode latar belakang transparan seperti yang biasa tampak pada layer transparan Photoshop atau GIMP. Dan beberapa mode tampilan lainnya.

Hal terakhir yang juga tak kalah menariknya adalah fitur konversi gambar (convert image) dimana kita bisa merubah format file gambar asli ke format lainnya seperti BMP, EXIF, PNG, dan sebagainya. Jadi misalnya Anda memiliki gambar jpeg yang ingin diubah ke TIFF, maka hal itu juga bisa dilakukan.

Merubah format file foto di ImageGlass

Dengan meng-install software ini sebagai alternatif dari bawaan Windows 10 yaitu Photos, maka Anda setidaknya akan mendapatkan manfaat berupa ringannya dalam penggunaan dan juga berbagai fitur yang tak kalah menariknya untuk tidak terlewatkan.

Baca ini juga ya: 4 Software Pemutar Video di Laptop dan PC

Saya sudah mencobanya, bagaimana dengan Anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.