Langsung ke konten utama

Kenapa Anda Harus Lulus Kuliah Secepatnya? Jangan Menunda-Nunda

"Sudah ngambil skripsi? Lulus kuliahnya kapan?"
2 pertanyaan tersebut, juga disertai beberapa pertanyaan sebelumnya dan juga setelahnya. Biasanya paling sering dilontarkan oleh pihak keluarga, teman di kampung halaman, dan juga yang menjadi kenalan semasa aktif kuliah. Lulus cepat apalagi dengan menyandang status Cum Laude memang bukanlah jaminan untuk sebuah kesuksesan. Begitu juga kalau sudah terlalu senior di kampus.

Apalagi jika sampai dianggap sebagai Veteran karena saking lamanya.

Setidaknya, dibutuhkan masa 4 tahun sekian bulan bagi kebanyakan lulusan sarjana (S1) untuk menyelesaikan studinya. Dari yang saya amati, kondisinya memang seperti itu. Kebanyakan mahasiswa dalam 1 angkatan banyak yang saya temui menyelesaikan studinya dalam kurun waktu tersebut. Dan, banyak juga yang menganggapnya termasuk dalam kategori cepat lulus atau se-enggaknya, normal.

Cepat lulus kuliah
Adek ini aja udah pakek Toga, kamu kapan?

Lebih dari itu, paling 5 tahun-an. Dan inipun masih dianggap wajar bagi kebanyakan mereka yang saya temui. Tapi, ketika sudah memasuki tahun ke-enam, mulai waspada. Panas dingin atau mungkin juga kejang-kejang.😁

Keterlambatan dalam menyelesaikan kuliah ini tentunya akan sangat merugikan. Terutama dari segi finansial dan juga produktivitas dalam memanfaatkan waktunya. Beragam penyebab yang bisa melatarbelakanginya. Mulai dari alasan asmara yang tak direstui, keseringan jalan-jalan, pergaulan bebas, maupun karena malas.

Mungkin juga permasalahan besar terkait keluarga dan beragam alasan lainnya.

Tapi kali ini, saya hanya akan fokus saja ke persoalan yang (sebenarnya) bermuara pada; terlalu seringnya menunda-nunda.

Menunda-nunda sebuah pekerjaan itu merupakan hal yang termudah untuk dilakukan. Terang saja, usaha untuk melakukannya pun hampir tidak ada sama sekali. Biasanya dialami oleh mereka yang tidak memiliki visi atau target pencapaian dalam menyelesaikan studi.

Dan semakin diperparah dengan adanya berbagai kelonggaran aturan dari pihak kampus sendiri. Pernah ketemu sama yang kuliah lebih dari 7 tahun namun tak urung mendapatkan status drop out (DO?

Saya sering. Biasanya mereka yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi swasta yang tidak terlalu besar atau bahkan bisa dikatakan "kampus kecil."

Tidak salah memang jika lulusnya itu telat. Namun dibalik itu semua, ada banyak biaya dan juga peluang besar yang terlewatkan begitu saja. Ok lah kalau biaya itu urusan pribadi atau keluarga masing-masing. Tapi berbicara mengenai kesempatan, baiknya direnungkan kembali.

Nih, bisnis untuk mahasiswa: Cari Uang Dengan Menjual Sampah Kertas

Terdapat 2 peluang yang setidaknya patut untuk menjadi bahan pertimbangan. Pertama adalah kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Apalagi kalau sudah berbicara mengenai beasiswa. Lihat saja persyaratannya mulai dari IPK yang kebanyakan 3,0 (out of 4,0), umur untuk bisa lolos berkas administrasi, pengalaman kerja sebelumnya (biasanya lebih direkomendasikan), dan masih banyak lagi.

Jika kuliahnya "abal-abal" atau sekedar lulus saja, yah jangan terlalu banyak berharap untuk lulus dapat beasiswa (bukannya menyuruh untuk pesimis, ya). Apalagi kalau saat pengerjaan skripsi sebelumnya yang menguras banyak perhatian. Bisa-bisa alokasi waktu untuk belajar dan mempersiapkan tes beasiswa tersebut semakin tipis.

Disisi lain, ada ribuan bahkan jutaan mahasiswa lainnya yang juga mengejar beasiswa yang sama dengan Anda.

Kedua adalah pekerjaan. Jika kuliahnya saja 7 tahun lebih, berarti lebih dari 3 tahun Anda mengesampingkan peluang untuk mengasah ilmu pengetahuan di bidang yang Anda tekuni. Pengetahuan dan pengalaman di dunia kerja dilewatkan begitu saja.

Kalau kuliahnya sambil kerja, itu mungkin akan lebih baik. Namun jika kuliah tok dan hanya bergaul sana-sini yang tidak jelas itu, yah tanggung sendiri keterlambatan yang Anda ciptakan. Teman-teman Anda lainnya sudah lulus duluan. Lanjut S2 duluan. Kerja juga lebih dulu dari Anda. Setidaknya mereka sudah naik tingkat, bukan? Udah beda kelas lah pokoknya.

Eh, Anda masih saja godain mahasiswa baru.

Ini bukannya menyalahkan, hanya sekedar pengingat saja. Bukan juga tentang mana yang benar dan salah.

Jadi baiknya, mikir ulang deh.

Saran saya, setidaknya buat target kapan mau lulusnya. Lihat kembali transkrip nilai barangkali ada nilai C dan D yang perlu dirubah. Jadikan prioritas, lengkap dengan rencana-rencana bagaimana Anda akan mencapainya.

Rajin! Jangan menunda-nunda peluang kesuksesan Anda. Makin lama lulus, jangan sampai makin lama juga nikahnya.hehe.

Secerdas apapun Anda, kalau malas; bakal kalah juga sama mereka yang rajin.

Semoga Anda bisa lulus secepatnya dalam waktu dekat ini. Bagi yang belum mampu, semoga juga tetap bisa selalu bersemangat setiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.