Memasukkan Foto Ke Dalam Teks di GIMP Dengan Mudah dan Singkat

Memasukkan gambar ke dalam teks atau tulisan sepertinya merupakan salah satu efek foto yang paling sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dan kali ini saya akan memandu Anda untuk membuatnya menggunakan GIMP dengan cara yang saya anggap mudah dan singkat.

Sebisa mungkin, saya akan menjelaskannya dengan gamblang. Namun jika ada kekurangan informasi dalam tutorial ini, silahkan sampaikan lewat komentar.

Panduan memasukkan foto ke tulisan di GIMP

Sebagai informasi awal, teks (font) yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Begitu juga dengan gambar yang digunakan sebagai latihan. Untuk hasil akhir dari panduan ini, silahkan lihat gambar berikut mengenai tampilan akhir dari proses yang akan Anda pelajari.

Tutorial memasukkan gambar ke teks di GIMP

Langsung saja pada tahap-tahapnya, ya.

1. Buat layer transparan baru

Saya asumsikan bahwa gambar yang akan Anda masukkan ke dalam teks sudah dibuka di GIMP. Setelah itu, yang diperlukan adalah membuat layer baru yang transparan (tidak berisi warna atau apapun). Caranya adalah dengan menekan Ctrl + Shift + N atau melalui panel layer seperti gambar berikut.

Membuat layer baru

2. Memasukkan teks atau tulisan yang dikehendaki

Langkah kedua adalah dengan langsung membuat teks sebagai wadah untuk gambar yang akan kita tampilkan. Silahkan ketikkan apa saja. Untuk membuatnya, klik pada tool berlambang A besar berwarna hitam pada toolbox (kumpulan tool di GIMP). Kemudian, klik pada bagian dalam gambar mana saja untuk mulai menulis teksnya.

Posisi teks di foto

Jika sudah sebagaimana gambar diatas, silahkan terapkan pengaturan apa saja baik pada jenis font dan ukurannya, maupun warna yang akan dipakai dalam teks tersebut. Kalau Anda telah selesai, bisa diperhatikan juga bahwa akan muncul layer teks baru pada panel layer yang ada. Sehingga jumlah layer yang Anda miliki saat ini akan ada 3 dimana layer teks berada di posisi teratas, layer transparan di tengah dan layer gambar utama posisinya adalah yang terbawah dari ketiganya.

Susunan layer tersebut bisa Anda perhatikan kembali pada gambar diatas.

Jika pengaturan pada tulisan telah selesai dilakukan, silahkan gunakan move tool untuk membantu dalam menentukan posisi teks, di bagian mana gambar Anda akan meletakkannya.

3. Menggabungkan layer teks dan layer transparan

Untuk tahap ketiga ini, baik layer transparan pada langkah 1 maupun teks pada langkah ke-2 akan kita satukan. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada layer teks dan pilih Merge Down. Sesaat kemudian, Anda akan melihat bahwa jumlah layer yang ada saat ini tinggal 2 saja.

4. Mulai input gambar ke dalam tulisan

Langkah ini juga merupakan yang terakhir jika ketiga tahap diatas telah dilewati. Sangat mudah sebenarnya untuk memasukkan gambar ke dalam tulisan yang telah dibuat pada langkah nomor 2 diatas. Yaitu dengan melakukan klik kanan pada layer yang merupakan hasil penggabungan pada tahap ke-3 sebelumnya (saat ini, hanya ada 2 layer saja). Lalu pilih Add Layer Mask. Dan akan muncul kotak dialog baru. Silahkan pilih pada Transfer layer's alpha channel dan centang (pilih) Invert mask.

Kotak dialog layer mask untuk memasukkan foto ke tulisan di GIMP

Dan, selamat. Anda sudah tahu cara memasukkan gambar kedalam teks memakai GIMP. Dan pada tutorial diatas, itu hanyalah salah satu dari sekian teknik yang bisa Anda lakukan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa cara diatas merupakan yang paling dasar.

Rekomendasi tutorial lainnya:
Semoga bermanfaat. Bahagia selalu untuk sekeluarga.


EmoticonEmoticon