Langsung ke konten utama

Cara Membuat Postingan Terjadwal di Blogger

Postingan terjadwal adalah konten yang sudah selesai Anda siapkan untuk dipublikasikan namun memutuskan untuk diterbitkan pada waktu yang Anda tentukan sendiri. Misalnya jika saat ini sudah selesai membuat artikel baru, lalu ingin artikel tersebut tampil di blog pada keesokan hari, minggu ataupun bulan depan pada jam dan menit yang Anda inginkan.

Berbicara mengenai apa alasan kenapa harus melakukannya, sebenarnya terserah Anda saja. Tapi, misalnya Anda sudah memiliki banyak draft artikel yang siap di publish, dan ingin menunjukkan bahwa dalam sebulan blog Anda memposting konten baru terus setiap hari, mungkin cara ini bisa Anda gunakan tanpa perlu lagi login setiap saat.

Bisa juga dimanfaatkan ketika dalam waktu dekat Anda ingin liburan atau melakukan perjalanan. Anda menyiapkan beberapa artikel. Tentukan waktu publikasinya! Sehingga pembaca setia blog Anda tetap mendapatkan update-an terbaru tanpa harus mengganggu masa liburan Anda.

Jadi, serahkan urusan jadwal postingan ini pada sistem dari Blogger, baik blogspot maupun custom domain itu sendiri.

Untuk melakukannya, silahkan buat atau buka artikel yang sudah siap diterbitkan. Kemudian pada bagian sebelah kanan tepat di bawah Label, akan ada opsi Jadwal (Schedule). Langusng saja di klik untuk melihat pilihan apa saja yang tersedia disana.

Pilihan penjadwalan postingan di Blogger

Pada gambar diatas, tampak bahwa terdapat 2 opsi dalam penjadwalan postingan. Yang pertama adalah Otomatis dan kedua adalah Setel tanggal dan waktu. Pilih pada opsi ke-2 jika ingin menentukan sendiri kapan akan mempublikasikannya.

Anda tinggal menentukan tanggal, bulan dan tahun. Jika menginginkan untuk mempublikasikannya dalam waktu dekat, cukup klik langsung saja pada tanggal yang tertera dalam bulan yang sama. Contoh diatas yaitu dengan mengklik tanggal 27.

Terdapat pula kotak waktu yang tertera diatas yaitu 00.01 yang menunjukkan jam 12 malam lewat 1 menit. Dengan melakukan klik satu kali pada jam ini, nanti akan muncul juga jam-jam tertentu yang direkomendasikan dalam pilihan ini. Jika Anda ingin menentukan sendiri misalnya menjadi 12.47, silahkan langsung saja diketikkan dalam kotak tersebut.

Kalau beberapa pengaturan diatas telah selesai dibuat, silahkan langsung klik Publikasikan (Publish). Pada pilihan jadwal otomatis, ketika memilih Publikasikan, maka artikel tersebut langsung muncul dan bisa diakses oleh pembaca blog. Namun, jika penyetelan jadwal menggunakan pengaturan opsi tanggal dan waktu seperti diatas, maka sistem dari Blogger akan secara otomatis merujuk pada pengaturan yang telah Anda setel.

Rekomendasi: 5 Tahap Menulis Ulang Artikel

Dan pada bagian Postingan di dasbor, Anda akan melihat bahwa artikel tersebut akan ditandai sebagai "Terjadwal", sedangkan pada jadwal otomatis tidak memiliki penandaan tersebut.

Publikasi postingan berdasarkan jadwal yang ditentukan sendiri di Blogger

Bagaimana, mudah bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.