Langsung ke konten utama

Mengatasi Toolbox dan Panel Melayang Pada Tampilan GIMP

Pengalaman saya ketika awal telah meng-install GIMP, tampilan ketika perangkat lunak ini telah benar-benar terbuka adalah Toolbox dan panel layer ditampilkan secara melayang (float). Tidak "melekat" langsung ke bagian latar belakang dari software.

Bagi saya, ini cukup mengganggu apalagi saat melakukan zoom-in (perbesaran gambar) dimana bagian gambar pada sebelah kanan dan kiri akan terhalangi oleh panel melayang tersebut. Imbasnya, harus repot untuk menggesernya sana-sini. Saat membuka beberapa dokumen pun, pada bagian bawah windows (taskbar) akan muncul thumbnail sebanyak jumlah dokumen yang ada yang menunjukkan jumlah lembar kerja dari projek yang sedang dikerjakan. Dalam hal antar-muka pengguna (User Interface), bagi saya itu cukup mengganggu.

Toolbox dan panel floating di GIMP
Pada sisi kanan (toolbox) dan kiri (panel layer) terlihat melayang di GIMP.

Karena adanya "gangguan" tersebut, maka lahirlah panduan ini untuk membantu Anda jika ingin mengatasinya.

Dengan modal klak-klik tanpa tahu bagaimana melakukannya, akhirnya ketemu juga. Caranya adalah dengan klik pada menu Windows dan pilih opsi Single-Window Mode. Dan sesaat kemudian, tampilan dari gambar pertama diatas akan menempel seperti berikut ini. Untuk memastikan bahwa opsi ini telah aktif, selain pada hasil tampilan juga bisa kembali ke menu tersebut dimana akan ada tanda centang pada opsi yang baru saja Anda klik.

Tampilan Toolbox dan panel di GIMP
Pada kedua sisi tampilan, baik Toolbox maupun panel layer tidak lagi melayang.

Untuk mendapatkan tampilan seperti gambar diatas, sebelum menuju menu yang disarankan, posisikan terlebih dahulu toolbox dan panel dimana akan menempatkannya. Jika keduanya digeser ke sebelah kiri, maka hasil proses menempelkannya pun akan mengikuti posisi terakhir dari panel yang ada.

Dengan satu langkah singkat ini, maka persoalan ketika gambar yang diperbesar bisa teratasi. Jika melakukan zoom pada gambar, maka akan muncul fungsi scroll baik atas-bawah maupun ke kiri dan kanan untuk melihat detail gambar.

Baca juga: Cara Memasukkan Foto Kedalam Tulisan di GIMP

Tidak hanya itu saja, thumbnail pada taskbar pun tinggal satu saja seberapa banyak pun dokumen yang terbuka. Bahkan, jika membuat dan membuka beberapa foto atau dokumen baru, maka akan ditampilkan dalam bentuk menu bar tepat dibawah menu utama teratas.

Menu bar untuk beberapa dokumen GIMP
Juga disertai simbol X jika ingin menutup dokumen.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah, ketika menutup dokumen terakhir di GIMP, awalnya kita akan dikembalikan pada tampilan awal saat perangkat ini kita buka. Untuk menutupnya (close) secara permanen, maka harus melakukan klik lagi pada opsi close yang ada. Jadi, harus 2X close untuk benar-benar keluar dari GIMP. Namun, jika tampilannya telah diubah sebagaimana cara diatas, maka secara otomatis hanya dibutuhkan 1X saja dalam melakukan klik.

Tutorial GIMP lainnya:
Singkat, mudah dan ternyata tidak hanya berpengaruh terhadap tampilan toolbox dan panel saja, namun juga ke hal lainnya.

Bagaimana?

Bagikan panduan ini jika bermanfaat. Sehat selalu untuk seluruh keluarga dimanapun berada. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.