4 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail

4 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Gmail

Kalau sistem keamanan sih, tidak hanya sebatas akun Gmail saja. Bahkan semua sistem yang ada di internet pasti akan ada saja kelemahannya. Namun, ada baiknya menggunakan langkah tambahan agar keamanan akun tersebut semakin sulit untuk dijahili.

Mulai dari menggunakan password yang sulit ditebak hingga tidak menyimpannya di browser, akan disampaikan dalam artikel ini. Cekidot!

1. Menggunakan Password yang kuat

Kata sandi yang powerful setidaknya minimal memiliki 8-12 karakter. Gunakan kombinasi antara huruf besar dan kecil serta angka dan simbol agar tidak mudah ditebak. Kalau bisa, hindari juga menggunakan password yang mewakili nama, tanggal lahir, alamat, serta kata atau kalimat tertentu dalam bahasa yang digunakan.

2. Memanfaatkan fasilitas Recovery Options di Gmail

Recovery options biasanya berisi dua pilihan pemulihan akun saat login bermasalah, terutama lupa password yaitu verifikasi melalui email lainnya dan juga melalui nomor hp. Untuk melakukan reset password, Anda bisa mengecek salah satu, baik kodenya dikirimkan ke nomor hp maupun email lain yang Anda gunakan. Silahkan menuju halaman Sign-in & Security untuk melakukannya.

3. Aktifkan verifikasi dua-langkah

2-langkah verifikasi di Gmail biasanya akan ditanyakan saat login. Cara mengaktifkannya adalah dengan memasukkan nomor hp di form yang disediakan. Jadi ketika login, nanti akan diminta untuk memasukkan kode Google yang dikirimkan ke nomor hp tersebut. Saat menggunakan aplikasi Android seperti Gmail di hp, juga bisa melakukan verifikasinya melalui gadget yang dipercaya. Sehingga, pengalaman pengguna terkait keamanan tentu akan lebih meningkat lagi.

Aktifasi fitur keamanan ini bisa dilakukan menggunakan link pada poin kedua diatas.

4. Jangan menyimpan password di Browser

Saat login ke akun, biasanya akan ada opsi pertanyaan yang muncul pada bagian atas sebelah kanan address bar di Chrome mengenai apakah Anda ingin Google Chrome menyimpan password untuk situs yang Anda kunjungi ketika login tersebut. Kalau saya sih langsung klik Never (Tidak pernah/jangan izinkan) saja.
Menyimpan password di browser

Jika Anda menginginkan agar opsi ini tidak lagi muncul, bisa dilakukan dengan merubah pengaturan Google Chrome pada bagian Settings. Pada bagian Passwords and forms pilih Manage passwords.

Non-aktifkan penyimpanan password di Google Chrome

Dengan ke-4 cara diatas, tingkat keamanan akun Gmail Anda akan lebih tinggi lagi dibanding sebelumnya. Dan dengan itu, diharapkan juga bahwa kerentanan akun yang Anda miliki semakin sulit untuk orang lain yang punya niat yang usil.

Baca juga: 10 Manfaat Google Drive

Terima kasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon