Langsung ke konten utama

Mental Mengemis Template Blogger Premium

Sepanjang menjalani dunia blog selama ini, Alhamdulillah saya tidak pernah minta-minta template blogger versi premium. Minta-minta disini bukan ke pembuat templatenya, tapi justru ke blogger lainnya yang tidak memiliki hubungan atau kerjasama bisnis dalam bentuk apapun dengan pihak pembuat tema.

Di berbagai forum, grup, komentar blog maupun komunitas online lainnya, sangat disayangkan hal ini masih saja harus terjadi.

Minta-minta template blog

Template blogger (blogspot) premium sendiri biasanya dijual dengan harga yang sebenarnya relatif murah di Indonesia. Dari yang pernah saya beli, setidaknya minimal hanya membutuhkan biaya Rp. 50.000,- Mengenai yang termahal berapa, yang saya tahu masih lebih mahal tema untuk Wordpress. Pokoknya terjangkau.

Saya sendiri tidak tahu apa alasan sebenarnya mengemis template ke blogger lainnya. Namun asumsi saya, mental gratisan seperti ini seolah sulit untuk tidak dijadikan hal yang melatarbelakanginya. Kalau alasannya miskin, sepertinya bukan.

Ingin dapat barang bagus dengan cara merendahkan diri sendiri.

Saya yang tidak paham mengenai kode-kode template, merasa sangat berterima kasih dengan hadirnya para pembuat template ini. Bagaimana tidak, kebanyakan karya mereka memang sangatlah memuaskan saya untuk memiliki tampilan blog sesuai keinginan.

Dan para pembuatnya pun pasti kewalahan dalam prosesnya yang bisa berminggu bahkan berbulan-bulan. Capek loh. Tapi kerja keras tersebut menjadi hal yang tidak perlu dihargai bagi sebagian yang lain. Syukur-syukur bisa di download yang versi gratisannya. Kalaupun tidak ada, ya jangan ditanya lagi. Itu hak si pemilik karya dan siapapun wajib menghormati hak tersebut.

Gak kebayang kalau saya pembuat template tersebut. Saat menggelar lapak untuk menjualnya, yang datang malah main comot aja tanpa bayar sedikitpun. Jika Anda di posisi tersebut, yakin bakal ikhlas, gitu!?

Bagaimana pun, saya yakin bahwa tidak seorang pun pedagang yang menginginkan barang dagangannya "dicuri", yekan?

Apalagi urusan template yang bagi saya se-ribet itu.

Kalau berkunjung ke situs penjual template blogger premium, rasa-rasanya kok tidak ada yang harganya sampai 200 ribu-an. Selalunya di bawah itu. Kalaupun mahal, paling cuma 150 ribu. Iya, CUMA segitu.

Mengeluarkan biaya demikian tidak akan membuat Anda sampai harus menjual rumah atau menggadaikan motor tercinta, kok. Apalagi kalau sudah punya hp dan laptop yang harganya jutaan. Masa beli template saja dengan harga semurah itu, kalah.

Tapi lagi-lagi, karena ini urusan mental, maka mungkin akan ada saja yang menganggap dirinya rendah. Dan mental tersebut pula yang akan menghambat perkembangan Anda kedepannya. Tapi terserahlah. Itu urusan Anda. Saya hanya mengingatkan sebagai sesama manusia bahwa hal tersebut sangatlah keliru. Bahkan cenderung, salah.

Baca juga: Pengalaman Diterima Google Adsense Hanya Dalam Sehari

Jadi, rubah sekarang juga. Jangan lagi mengemis. Kalau bisa, kasih blogger lain duit untuk beli template premium. Itu saja.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.