Langsung ke konten utama

Merubah Ukuran Ikon Toolbox di GIMP Menjadi Kecil

Ukuran Toolbox yang berisi berbagai alat (tools) kerja di GIMP secara default biasanya cukup besar. Bagi yang ingin merubahnya menjadi kecil, ternyata pengaturannya sendiri sudah ada.

Memperkecil ikon toolbox di GIMP

Salah satu manfaat memperkecil tampilan ikon ini adalah agar ruang kerja menjadi lebih besar lagi. Ketika memilih salah satu tool, biasanya pada bagian bawah ikon warna background dan foreground (hitam putih pada gambar diatas) akan tampil pula tool options yang berisi berbagai opsi dari tool yang sedang diaktifkan. Ada yang pilihannya hanya beberapa saja, ada juga yang hingga membuat kita harus melakukan scrolling ke bawah untuk melihat keseluruhan opsinya.

Nah, daripada sekrol ke atas-bawah, kenapa tidak diubah saja ukuran ikon tersebut agar bisa tampil secara penuh!? Sepanjang besar-kecilnya ikon ini Anda rasa tidak akan mengganggu penglihatan, mungkin bisa dicoba untuk merubahnya.

Rekomendasi:
  1. Cara Menampilkan Layer Effects di GIMP
  2. Memasukkan Foto Kedalam Tulisan Menggunakan GIMP
Caranya adalah dengan memilih Edit > Preferences. Didalam kotak dialog preferensi yang baru muncul ini, arahkan pilihan Anda ke bagian Theme. Pada sebelah kanan akan ada 2 opsi dibawah Select theme (pilih tema) yaitu Default (bawaan) dan juga Small (kecil). Klik pada pilihan yang kedua yaitu kecil, lalu Ok untuk menyimpan pengaturan baru ini.

Setelah itu, tutup atau keluar dulu dari GIMP kemudian buka kembali untuk melihat perubahannya.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.