Merubah Ukuran Ikon Toolbox di GIMP Menjadi Kecil

Ukuran Toolbox yang berisi berbagai alat (tools) kerja di GIMP secara default biasanya cukup besar. Bagi yang ingin merubahnya menjadi kecil, ternyata pengaturannya sendiri sudah ada.

Memperkecil ikon toolbox di GIMP

Salah satu manfaat memperkecil tampilan ikon ini adalah agar ruang kerja menjadi lebih besar lagi. Ketika memilih salah satu tool, biasanya pada bagian bawah ikon warna background dan foreground (hitam putih pada gambar diatas) akan tampil pula tool options yang berisi berbagai opsi dari tool yang sedang diaktifkan. Ada yang pilihannya hanya beberapa saja, ada juga yang hingga membuat kita harus melakukan scrolling ke bawah untuk melihat keseluruhan opsinya.

Nah, daripada sekrol ke atas-bawah, kenapa tidak diubah saja ukuran ikon tersebut agar bisa tampil secara penuh!? Sepanjang besar-kecilnya ikon ini Anda rasa tidak akan mengganggu penglihatan, mungkin bisa dicoba untuk merubahnya.

Rekomendasi:
  1. Cara Menampilkan Layer Effects di GIMP
  2. Memasukkan Foto Kedalam Tulisan Menggunakan GIMP
Caranya adalah dengan memilih Edit > Preferences. Didalam kotak dialog preferensi yang baru muncul ini, arahkan pilihan Anda ke bagian Theme. Pada sebelah kanan akan ada 2 opsi dibawah Select theme (pilih tema) yaitu Default (bawaan) dan juga Small (kecil). Klik pada pilihan yang kedua yaitu kecil, lalu Ok untuk menyimpan pengaturan baru ini.

Setelah itu, tutup atau keluar dulu dari GIMP kemudian buka kembali untuk melihat perubahannya.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon