3 Pesan Penting Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

3 Pesan Penting Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Gambar ilustrasi lingkungan

Ialah Siti Nurbaya yang menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenLHK) dalam Pemerintahan RI yang dikepalai oleh Presiden Jokowi. Pentingnya menjaga kelestarian hidup, tentu banyak diantara kita yang menyadarinya. Apalagi sekelas seorang menteri.

Ditengah melimpahnya kegiatan yang beliau jalani, ada 3 pesan penting terkait pengawasan dan peningkatan lingkungan hidup yang juga akan saya uraikan dalam artikel ini. Bagi saya ini penting. Setidaknya sebagai sarana untuk memulai langkah penyadaran bagi siapapun, khususnya pihak-pihak yang terlibat secara langsung.

Berikut kutipan dari apa yang beliau pernah sampaikan:

1. Aspek Perhutanan Sosial

"Penting di sini bahwa Perhutanan Sosial bukan hanya program bagi-bagi lahan atau akses lahan, tetapi merupakan program yang sistematis, untuk membuat masyarakat Indonesia menjadi produktif bekerja, dan ada penghasilan, yang ujungnya akan sampai kepada kesejahteraan perubahan sosial."

2. Aspek Konservsi Lingkungan Hidup

"Generasi muda perlu terus dibina dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, keren, gembira dan asyik serta berwawasan konservasi dan lingkungan, tentu hasilnya akan luar biasa."

3. KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan)

"Menghadapi tahun 2018, penanganan Karhutla tetap dihadapkan pada banyak tantangan. Untuk itu kita perlu bekerja bersama-sama mengoptimalkan upaya pencegahan Karhutla melalui peningkatan peran para pihak termasuk didalamnya pemberdayaan masyarakat."

Terkhusus mengenai Karhutla sendiri, salah satu fungsi utamanya adalah dalam upaya pengendalian sebagaimana yang telah tertuang pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Terima kasih sudah membaca. Bagikan artikel ini untuk membantu memperluas penyebaran informasi dari pesan yang telah disampaikan.

Sumber: http://www.menlhk.go.id/slide-53-tiga-pesan-kementerian-lingkungan-hidup-dan-kehutanan.html#


EmoticonEmoticon