Langsung ke konten utama

Pixabay: Situs Penyedia Foto Bebas Royalti

Beralamat di Pixabay.com. Situs ini menyediakan banyak sekali foto (gambar) dan juga video yang dirilis dibawah lisensi CC0 (Creative Common Zero). Lisensi tersebut memungkinkan Anda untuk memperbanyak, memodifikasi, bahkan dapat digunakan untuk kepentingan komersil sekalipun.

Semua itu dilakukan tanpa memerlukan adanya izin dan juga kredit kepada pemilik yang mengunggahnya disana. Meskipun demikian, terdapat 2 penegcualian yang juga disertakan. Namun, kalau ada gambar disana untuk sekedar digunakan sebagai pendukung artikel blog, tidak akan ada masalah apapun. Setidaknya, hingga saat ini memang seperti itu dan tidak perlu ada kekhawatiran apapun.

Ada 4 hal yang menyebabkan kenapa kerap kali saya menggunakan gambar dari Pixabay. Pertama adalah, selama ini karena biasanya hanya menggunakan untuk pendukung artikel blog (termasuk blog ini), kebutuhan akan foto gratis dari situs tersebut sudah sangat mencukupi.

Kedua, kualitas gambar yang disajikan pun kebanyakan beresolusi tinggi namun kita tetap diberikan alternaif untuk menggunakan dimensi gambar lainnya dengan berbagai kapasitas. Mengenai hal ini, hasil fotografi yang saya dapatkan disana biasanya akan terdapat 4 pilihan yang bisa di download. Mulai dari resolusi tertinggi hingga yang terendah bahkan kapasitasnya di bawah 100 kb.

Alasan ketiga adalah; untuk men-download file yang ada, kita tidak diharuskan untuk membuat akun disana. Jadi, tidak perlu adanya langkah pendaftaran. Situs lain serupa UnSplash pun memiliki kesamaan pada poin ketiga ini. Namun, untuk alasan selanjutnya (terakhir) sayangnya tidak banyak saya jumpai di unsplash.

Terakhir adalah; karena kebanyakan gambar yang telah berhasil saya dapatkan di Pixabay sudah memiliki resolusi yang tinggi - meskipun mengambil gambar dengan dimensi terendah juga hasilnya tetap berkualitas dengan kapasitas yang rendah pula. Hal ini yang tidak banyak saya temui di unsplash. Termasuk juga pada alasan ke-2 yang tidak ada disana.

Ke-empat alasan tersebutlah yang juga bisa diperhatikan kenapa beberapa artikel di blog ini menggunakan hasil unggahan pengguna situs pixabay.

Lebih lanjut dalam penggunaanya di blog, untuk memperkecil kapasitas gambar pun tentu akan sangat membantu sekali. Gambar sudah bagus dan kapasitasnya pun sudah rendah. Jika mau dikurangi lagi, tentu akan menghemat hosting blog kita sendiri.

Lanjut baca ini: Cara Memperkecil Ukuran Foto di GIMP

Ok. Sepertinya sesingkat itu saja informasi dari artikel ini. Silahkan langsung menuju situsnya untuk melihat apa saja yang mungkin Anda butuhkan disana. Jika ada tambahan atau situs lainnya selain 2 diatas, silahkan bagikan di komentar.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.