Respon Cepat Pertanyaan Calon Pembeli Kala Berbisnis Itu Penting [Sebuah Pengalaman]

Beberapa hari yang lalu, saya berencana untuk membeli alat penguat sinyal hp dalam bentuk stiker. Karena tidak tahu dimana untuk mendapatkan stiker tersebut, saya pun melakukan pencarian informasi secara online.

Dari beberapa website yang saya buka, ada salah satu yang saya anggap terpercaya. Hal ini didasarkan atas banyaknya dan aktifnya para pembeli yang meninggalkan komentar dan review serta testimoni tidak pada produk yang ingin saya beli saja, namun juga pada berbagai barang dagangan lainnya.

Meskipun saya sudah menganggapnya terpercaya, namun karena belum pernah melakukan transaksi di toko online tersebut, saya akhirnya mencari informasi terkait alamat toko yang bersangkutan. Hal ini saya lakukan karena berencana untuk menyambangi langsung tempat mereka berjualan. Saya akui, belanja online bagi saya pribadi cukup membuat deg-degan. Khawatirnya, jangan sampai kena tipu oleh pedagang.

Setelah saya dapatkan alamatnya, saya pun menanyakan waktu buka tokonya maksimal sampai jam berapa dengan mengirimkan SMS pada nomor yang mereka tampilkan di website tersebut. Dan, nomor tersebut memang dikhususkan hanya untuk merespon berbagai pesan yang dikirimkan oleh calon pembeli.

"Tokonya buka sampai jam berapa?"

Begitu pesan yang saya kirimkan, sebagaimana juga yang terlihat pada hasil screenshot hp pada gambar berikut ini.

Menjawab pertanyaan pelangan dalam waktu yang lama

Dari gambar diatas, dibutuhkan waktu 3 hari bagi mereka untuk merespon pertanyaan saya. Di akun Google Maps toko tersebut sebenarnya juga sudah menampilkan informasi dari pertanyaan saya ini.

Namun, saya melakukannya karena di jam sebelumnya pada hari yang sama, saya juga mendapatkan pesan dari toko lainnya dengan produk yang berbeda. Lebih jelasnya, lihat percakapan SMS sebelumnya pada gambar di bawah ini.

Respon cepat pelayanan konsumen

Terlihat pada gambar kedua diatas, bahwa pesan yang saya kirimkan dibalas dalam tempo tidak lebih dari 1 menit. Sangat cepat bagi saya dan ini merupakan bantuan informasi yang juga sangat saya butuhkan. Gambar kedua diatas juga menjadi alasan saya menanyakan jam tutup toko pada foto pertama karena pedagang yang kedua ini menyarankan saya untuk datang pada jam setengah 4-an.

Sebelumnya, saya juga sebenarnya telah mengirimkan pesan lewat fitur chat yang ada di website si penjual stiker penguat sinyal ini. Namun, responnya juga cukup lambat meskipun tab browsernya tetap tidak saya tutup untuk menunggu balasan. Pikirnya saya, mungkin mereka lagi kebanjiran order.

Dari sejak awal, sebenarnya saya sudah berniat untuk membeli stiker tersebut di toko ini saja (gambar pertama) karena harganya yang murah dan juga penawarannya yang menarik. Beli 2 gratis 1.

Namun, jika (misalnya) di toko online lainnya tidak memiliki berbagai penawaran tersebut, maka bisa jadi saya tidak akan melakukan transaksi. Saat itu nilainya lumayan, karena saya melakukan pembelian stiker dengan harga mendekati 500 ribu. Meskipun mungkin bagi yang lainnya nilai tersebut sedikit, tapi bagi saya tetap saja banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Terlebih itu hanya berasal dari 1 orang pembeli saja.

Saran saya (sebagai pembeli) baiknya perhatikan waktu merespon pertanyaan pelanggan ini. Karena bisa jadi, barang yang sama juga dijual oleh pelapak lainnya yang mungkin memiliki lebih banyak penawaran menarik dengan harga yang lebih murah, sementara kualitas barang sama saja.

Apalagi sudah memutuskan untuk menelpon atau mengirimkan SMS seperti yang saya lakukan. Pada banyak kesempatan, saya mengirimkan SMS tersebut karena kepercayaan saya terhadap toko online yang dituju sudah sangat tinggi. Bisa dikatakan, 90% sudah siap melakukan transaksi (pembelian). Namun jika diabaikan, masih banyak toko online lainnya yang bisa dihubungi.

Semoga pengalaman saya ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, meskipun sekedar memanfaatkan respon SMS dalam waktu yang cepat. Karena kita tidak pernah tahu apa yang ada di benak calon pembeli. Jadi, manfaatkan dengan baik berbagai fiutr yang sudah Anda tampilkan di situs jual beli online Anda.

Alhasil, saya pun berinisiatif memberikan review di akun Google Maps toko tersebut dan bagaimana pun juga pasti itu akan sedikit meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru lainnya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa share dan membaca artikel lainnya. Selamat menelusuri isi blog ini.


EmoticonEmoticon