4 Software Pemutar Video di Laptop dan PC

Video player untuk laptop dan PC

Kalau Windows Media Player, sudah tidak diragukan lagi bahwa banyak yang akan memilikinya. Hal ini disebabakan karena sudah satu paket sama Sistem Operasi Windows itu sendiri. Sayangnya, kadang untuk memutar video, ada saja kekurangannya. Biasanya untuk format file tertentu, tidak mendukung. Pengalaman saya begitu, namun ketika memakai player lainnya malah tidak ada masalah.

Karena itu, saya biasanya menggunakan perangkat lunak alternatif lainnya. Ada banyak yang ditawarkan. Namun, setidaknya terdapat 1 atau 2 dari 3 yang paling sering saya gunakan dan juga temui di laptop teman-teman lainnya.

1. VLC Media Player

Yang ini merupakan pilihan utama saya. Alasannya? Gratis dan juga merupakan open source sehingga terus mengalami perkembangan. Juga mendukung berbagai plarform populer.

Dibuat oleh VideoLAN project dan mendukung berbagai format audio dan video. Selama bertahun-tahun, bisa dikatakan bahwa VLC memiliki reputasi untuk "memutar segala hal" yang juga menginspirasi pemutar video lainnya dengan tujuan yang sama.

VLC juga merupakan salah satu video player terbaik untuk digunakan di PC atau laptop berdasarkan kecepatan, penggunaan kapasitas hard disk yang kecil dan juga desainnya yang sederhana namun tetap memukau. Logonya saja sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan, yang terlihat sangat mirip dengan traffic cone di jalan raya.

2. Media Player Classic - Home Cinema

Dalam penamaannya yang menggunakan kata Classic, tampilannya seolah seperti bawaan dari Windows itu sendiri. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya merupakan "imitasi" dari Windows Media Player versi lama.

Secara keseluruhan, untuk kebutuhan pemutaran video dan audio hampir sama dengan VLC terkait kesederhanaan dan kemudahan dalam pengunaannya.

3. GOM Media Player

GOM Player atau Gretech Online Movie Player juga memiliki keunikan tersendiri dalam desain logonya yang menampilkan kaki dengan lima jari dalam bentuk yang melingkar. Kalau hanya untuk memutar video dan audio, mungkin relatif sama dengan player lainnya meskipun GOM sendiri menawarkan pengalaman menonton yang lebih unik dengan berbagai efek video yang tersedia.

GOM juga bisa dihubungkan dengan OpenSubtitles.org untuk melakukan pencarian subtitle dan memuatnya kedalam video yang sedang diputar.

4. KMPlayer

KMPlayer yang pertama kali dirilis tahun 2002 silam dan kemudian diakuisisi oleh Pandora TV (perusahaan streaming Korea) tahun 2007. Hingga saat ini juga cukup ringan dan mudah dalam menggunakannya. Kesederhanaan desain yang dimiliki juga terlihat menonjol dan sama dengan 3 pemutar video diatas.

Yang lebih menariknya lagi adalah, didukung dengan kualitas video 3D hingga 4D sehingga pengguna dimungkinkan untuk menikmati video dengan kualitas yang sangat tinggi.

Baca juga:
Dari ke-4 software pemutar video diatas, Anda bisa menambahkan salah satu atau dua sebagai pelengkap Windows Media Player yang sudah ada. Dan, jangan lupa juga untuk memeriksa berbagai fitur yang disediakan seperti kebutuhan untuk menangkap aktivitas layar/monitor, video and movie streaming dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon