Penghasilan Ojek Online:1 Strategi Khusus Untuk Mendapatkan Banyak Orderan

Artikel kali ini berdasarkan pengalaman saya ketika ngobrol sama salah satu tukang ojek online (ojol) mengenai bagaimana ia meningkatkan penghasilannya. Sama dengan bisnis lainnya dimana semakin banyak orderan, maka semakin meningkat pula pendapatan yang akan diperoleh. Begitu pula dengan ojek berbasis aplikasi ini.

Pengalaman ini adalah ketika saya menggunakan Gojek dengan pilihan kendaraan roda dua (Go Ride).

Strategi ojek online untuk mendapatkan banyak orderan

Strategi yang disampaikan ke saya oleh sang driver adalah dengan memanfaatkan cuaca terutama saat musim hujan melanda. Dari apa yang ia katakan, biasanya persaingan antara sesama driver motor kala hujan turun menjadi semakin kecil.

Hal ini disebabkan karena pengendara lainnya menjadi sedikit "malas" untuk menerima orderan. Mungkin juga karena berhati-hati dengan kondisi jalanan yang basah (licin) dan sebab tidak menyiapkan jas hujan tambahan selain untuk dirinya sendiri dan berbagai hal lainnya.

Hal ini juga menjadi petunjuk bahwa hujan tidak menyurutkan niat bagi pelanggan untuk tidak memakai layanan ojol. Entah kuantitasnya semakin meningkat atau berkurang, yang pasti akan tetap ada pelanggan yang menginginkannya, terutama jika biaya tidak mendukung untuk memakai Go Car.

Salah satu supir ojol lainnya yang pernah saya pakai layanannya memang menyiapkan secara khusus jas hujan bagi pelanggan. Hujannya pun waktu itu tidaklah deras, meskipun rintikannya cukup berpeluang membuat pakaian basah kuyup karena jarak yang ditempuh cukup jauh.

Rekomendasi:

Oleh driver pertama, hasilnya meningkat berkali lipat dibanding cuaca sedang cerah. Bahkan bagi dia, waktu hujan turun menjadi kesempatan untuk tetap bersiap-siap dan semakin semangat menerima orderan. Meskipun tidak secara jelas menyampaikan berapa minimal yang bisa ia dapatkan, namun saya percaya saja. Apalagi hal itu cukup masuk akal jika dipikirkan dan sepertinya tidak ada alasan baginya untuk berbicara yang tidak-tidak.

Dari pengalaman tersebut, bagi saya tentunya menjadi hal yang cerdas dengan menemukan cara untuk tetap meningkatkan pendapatan tanpa harus merasa terbebani dengan adanya kondisi alam yang ada. Ia memilih untuk tidak berleha-leha saja di mini market yang biasa menjadi tempat peristirahatan sejenak ojol yang biasa saya temui. Pun tidak memilih untuk pulang ke rumah.

Dalam kondisi apapun, bisnis tetaplah bisnis. Apalagi jika masih memungkinkan untuk dijalani.

Tapi memang harus tetap berkendara dengan hati-hati karena adanya perbedaan kondisi jalanan seperti sebelumnya. Bagaimana pun, semua kembali ke kita sendiri. Bagaimana akan menjalankan bisnis yang sedang di garap. Menyerah dengan keadaan, atau memilih untuk memikirkan hal lain dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Semoga bermanfaat. Sehat selalu untuk Anda.


EmoticonEmoticon