Hobi Menanam dan Punya Taman di Rumah? Semoga Hidup Anda Tambah Berkah

Hobi Menanam dan Punya Taman di Rumah? Semoga Hidup Anda Tambah Berkah

Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan perkotaan berdasarkan kepemilikannya diklasifikasikan menjadi 2 yaitu RTH Publik yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah dan RTH Privat yang hak kepemilikannya ada pada suatu institusi tertentu (swasta) bahkan perseorangan.

Taman rumah
Foto oleh: Josemiguels.

Salah satu contoh yang dekat dengan kita mengenai RTH Privat adalah taman yang ada di halaman rumah kita sendiri. Dalam skala kecil, tanaman yang menggunakan pot sebagai media tumbuhnya pun bisa dikategorikan dalam RTH ini karena keberadaannya yang memerlukan ruang untuk tumbuh.

Meskipun hanya beberapa pot saja, namun manfaatnya terhadap lingkungan tentu saja tetap ada. Sekecil dan sesedikit apapun itu, tentu saja tidak boleh diremehkan. Terlebih, berbagai jenis tanaman sangat berperan dalam menghasilkan oksigen yang kita hirup, menurunkan suhu, dan membantu dalam pengurangan polusi terutama yang banyak bisa dirasakan di perkotaan.

Kehadiran RTH Privat juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai suatu bangunan, baik secara estetik maupun nilai jualnya. Keberadaannya yang mampu menciptakan lingkungan yang asri, disadari maupun tidak akan membantu kesehatan kita baik secara fisik maupun mental dan berbagai manfaat lainnya.

Di kawasan perkotaan sendiri, proporsi pemenuhan RTH Privat terdiri dari 10% dari luas kota. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemenuhannya, diperlukan adanya survey lapangan dan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis  (SIG) dengan output hasil digitasi citra satelit terbaru dalam bentuk peta.

Kalangan masyarakat yang sadar akan pentingnya ruang hijau di lingkungannya maupun yang sekedar menganggap bahwa kegiatan penanaman ini sebagai hobi, tentu saja turut berkontribusi secara langsung terhadap proporsi minimal RTH Privat. Selain itu, juga berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan segala manfaat dari kegiatan tersebut.

Selama tanaman yang ditanamnya baik yang masih tumbuh maupun tidak, maka manfaat dan ide yang telah dituangkan dalam kegiatan tersebut juga kemungkinan akan dirasakan juga oleh lingkungan sekitarnya lebih lama lagi. Harapannya, semoga itu menjadi amal jariyah Anda.

Menariknya lagi, berbagai kota di Indonesia berkembang dukungan pemenuhan RTH Privat seperti bermunculannya berbagai komunitas hijau maupun mereka-meraka yang memanfaatkan keberadaan konsep urban farming terutama ingin tetap menanam namun memiliki lahan yang sempit.

Tentunya, itu akan semakin membantu lagi lingkungan sekitar. Lebih-lebih berguna untuk mengurangi pekerjaan rumah pihak pemerintah kota.

Baca juga: 3 Pesan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Anda sudah menanam, memiliki taman rumah, manfaatnya juga telah dirasakan, meskipun tidak banyak penghargaan untuk itu, izinkanlah orang yang tidak Anda kenal ini mengucapkan terima kasih untuk Anda.


EmoticonEmoticon