Bisa Karena Terbiasa, Begitu Juga Saat Menulis di Blog

Hari sebelumnya, saya kembali mendengar ucapan yang menyampaikan kebingungannya mengenai menulis artikel di blog. Dalam tanya, saya berpikir kembali; "Memang sesusah itu, ya?"

Kebingungan seperti itu biasanya saya temui pada mereka yang baru membuat blog atau setidaknya kepikiran untuk membuatnya.

Antara bingung atau memang kurang percaya terhadap kualitas tulisannya, saya tidak tahu pasti. Yang terkadang saya sayangkan adalah justru kebingungan tersebut menimpa mereka yang saya anggap mumpuni atau memiliki pengetahuan mendalam terkait topik tertentu.

Menjadikan diri terbiasa menulis artikel untuk blog

Bahkan, beberapa diantaranya sudah selesai S1 dan juga ada yang masih dalam pendidikan S2. Heran saja, pendidikan setinggi itu masih harus bingung juga menulis sebuah artikel. Padahal, contohnya pun sangat banyak bertebaran di internet yang bisa diakses kapan saja.

Tidak banyak yang saya katakan selain; "udah deh, nulis aja dulu. yang penting antara judul dan isi relevan"

Buat skripsi juga kan pasti harus memperhatikan relevansi dari judul dan isi penelitian. Hanya bedanya, menerbitkan artikel di blog tidak ada yang namanya Dosen Pembimbing. Kalaupun ada, paling diri Anda sendiri yang akan melakukan koreksi (editor) atau juga pembaca yang mengingatkan ketika ada informasi yang keliru.

Penggunaan bahasa pun terserah. Mau se-ilmiah penelitian pun, sah-sah saja. Mau alay juga, monggo!

Yang terpenting adalah, Anda mau memulai menuliskannya.

Coba baca ini juga kalau bingung: 5 Tahap Menulis Ulang Artikel

Kalau hanya tanya sana-sini atau searching di Google mengenai teknik menulis artikel yang baik, tidak akan banyak gunanya kalau kita sendiri tidak pernah mau mencoba langsung dan mempublikasikannya.

Saya yakin, banyak juga blogger yang bisa karena terbiasa menulis. Bahkan yang tidak mengenyam dunia pendidikan tinggi pun banyak jumlahnya. Bukan karena mereka berbakat sejak lahir. Tidak ada hal seperti itu. Tapi karena mereka mau untuk terbiasa secara terus-menerus.

Mencoba menulis artikel setidaknya seminggu atau sebulan sekali. Kalau setiap hari, tentu hasil dari "latihan" tersebut juga akan memberikan peluang yang lebih berkualitas terhadap tulisan.

Jadi, coba saja dulu. Parang yang dari besi saja bisa tajam karena diasah dalam kurun waktu tertentu. Kalau besinya dibiarkan begitu saja, kan nanti bisa karatan. Dan ingatkan juga diri Anda dengan kalimat ini; Practice makes perfect.


EmoticonEmoticon