Langsung ke konten utama

Cara Mengundang Penulis Baru dan Merubahnya Menjadi Admin Blog

Mengundang orang atau pengguna lainnya menjadi penulis di blog Anda dengan platform blogger (blogspot), bisa dilakukan dengan mudah dan cukup singkat. Dan, hanya dengan beberapa langkah tambahan selanjutnya, kontributor baru tersebut dapat pula dijadikan sebagai admin (administrator).

Ada batasan-batasan tertentu antara penulis yang diundang dengan si admin ini.

Dimana penulis hanya mampu membuat sebuah postingan baru dan mempublikasikannya, sedangkan seorang admin memiliki kontrol yang lebih, baik mengedit dan menghapus artikel, merubah template, tata letak, bahkan hingga menghapus blog tersebut.

Cara mengundang penulis baru

Pada dasbor blogger sendiri, sudah disediakan fitur untuk melakukan hal ini. Yaitu dengan mengakses Setelan - Dasar. Jika sudah, maka pada bilah sebelah kanan bagian bawah, Anda akan melihat opsi Izin yang setelahnya tertera Penulis Blog. Sebelah kananya terdapat kotak yang berisi nama profil Google Plus (G+), alamat email dan juga status admin.

Di bagian bawah kotak tersebut, terdapat pilihan yaitu + Tambahkan penulis yang ketika di klik akan menampilkan kotak yang akan diisi informasi mengenai siapa yang akan Anda undang. Sepanjang yang pernah saya praktekkan, kotak ini saya isi dengan informasi alamat email dari pengguna yang akan menjadi kontributor di blog kita.

Jadi, silahkan tuliskan dan perhatikan dengan baik penulisan alamat email tersebut. Jika pengguna yang dituju telah ditambahkan sebagai salah satu kontak dalam email Anda, cukup dengan menekan Pilih dari Kontak dan lakukan pencarian disana.

Setelah selesai dimuat ke dalam kotak tersebut, klik Undang penulis.

Sampaikan kepada pemilik alamat email yang Anda undang ini untuk memeriksa inbox (kotak masuk) emailnya karena undangan yang telah dikirimkan akan masuk kesana untuk diverifikasi.

Dalam kotak masuk yang dialamatkan tersebut, akan berisi informasi sebagaimana gambar berikut.

Kotak masuk email tentang undangan menjadi pengarang blog

Terlihat ada sebuah tombol pilihan yang bisa di klik dan memang sudah seharusnya dilakukan sebagai tanda bahwa pengguna tersebut setuju untuk mengkonfirmasi undangan yang ada. Setelah di klik, Anda akan diarahkan ke halaman baru yang berisi informasi mengenai URL blog, siapa yang mengirim undangan tersebut dan sampai kapan masa undangan tersebut berlaku (Expires).

Langsung klik (lagi) pada pilihan Terima undangan (Accept invitation). Dan Anda akan diarahkan langsung menuju halaman utama (dasbor) blogger serta bisa langsung membuat postingan baru.

Sampai tahap ini, Anda yang sebagai admin baiknya memuat ulang (reload) halaman setelan dasar tersebut untuk melihat perubahan apakah pengguna yang Anda undang sudah berstatus sebagai penulis (pengarang) atau belum.

Undangan menjadi pengarang baru blog telah dikonfirmasi

Kalau berdasarkan langkah-langkah diatas, seharusnya sih tidak akan ada masalah. Terutama jika alamat emailnya sudah benar. Nanti akan tampak di bawah/atas status admin, bahwa sudah ada penulis baru, lengkap dengan informasi berupa nama profil, email dan juga statusnya di blog tersebut.

Merubah penulis menjadi admin blog di Blogger

Masih berada di fitur yang sama sebagaimana gambar kedua diatas, status pengelola blog kemudian menjadi 2 yaitu sebagai admin dan pengarang.

Jika mengehendaki keduanya menjadi admin blog, maka status pengarang tersebut tinggal di klik dan pilih opsi admin. Namun jika menginginkan admin pertama untuk dihapus, silahkan ganti statusnya terlebih dahulu menjadi pengarang, lalu klik tanda silang (X) pada sebelah kananya untuk menghapus/menghilangkan pengguna tersebut.

Dan, selesai.

Beberapa hal yang perlu diingat kembali adalah, jika hanya sebagai seorang pengarang/penulis saja, maka Anda juga tidak bisa melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk. Begitu juga dengan kendali terhadap perubahan blog dari sub-domain menjadi domain tingkat atas (custom domain) dan berbagai kontrol lainnya yang hanya dimiliki oleh admin.

Terima kasih sudah berkunjung. Pastikan juga membaca artikel lainnya yang sudah dipublikasikan di blog ini dan membagikannya di sosial media yang Anda gunakan. Selamat berselancar dan sehat selalu untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.