WPS Office Sebagai Alternatif Dari Microsoft Office

Lagi-lagi berbicara mengenai perangkat lunak. Dalam hal pembuatan dokumen (pemroses kata, data dan slide show) banyak saya temui yang menggunakan Microsoft Office baik Words, Excel untuk pengolahan data statistik, maupun Power Point untuk membuat slide presentasi.

Di Indonesia sendiri, mungkin Microsoft Office sendiri selalu menjadi pilihan utama. Atau jangan-jangan di seluruh dunia pun demikian!?

Tidak perlulah kita berbicara mengenai data penggunanya. Saya sendiri kalau berkunjung ke instansi pemerintah maupun swasta dan juga berbagai perguruan tinggi, baik pegawai, karyawan, dan juga mahasiswa mungkin menjadikan perangkat lunak ini sebagai salah satu yang wajib untuk diinstall.

Gunanya?

Ah sudah tidak perlu dijelaskan juga kayaknya.

Tapi kembali lagi sebagaimana postingan saya sebelumnya kenapa harus berhenti untuk download dan menggunakan software bajakan, yakin bahwa yang Anda miliki saat ini (versi premium/pro) hasil beli?

Jika memang tidak, kenapa tidak memilih alternatif lainnya. Banyak kok. Selain gratis, fungsinya pun tidak kalah jauh. Setidaknya, kebutuhan untuk membuat laporan, mengolah data dan membuat slide show bisa diakomodir dengan mudah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan WPS Office.

Di perangkat lunak ini, setidaknya 3 aplikasi umum yang bisa Anda dapatkan dan paling sering digunakan dalam Microsoft Office adalah:
  1. Office Word diganti dengan WPS Writer;
  2. Excel alternatifnya adalah WPS Spreadsheets, dan;
  3. Power Point digantikan dengan WPS Presentation.
Menggunakan WPS Office sebagai alternatif dari software Microsoft Office

Tidak perlu ragu dengan berpikir harus mulai belajar dari awal lagi. Jika menu dan tool dasar di Microsoft Office sudah Anda ketahui dengan baik, di WPS Office pun kebanyakan sama. Saya sendiri belum mengulasnya lebih dalam, namun setiap kebutuhan yang saya perlukan, dapat dengan mudah terpenuhi tanpa harus ribet cari tutorial atau panduan.

Baca juga ini: 10 Manfaat Google Drive yang Bisa Anda Dapatkan

Cobain aja dulu! Gampang kok, Tuan. Mau beli yang versi Premium juga ada kalau mampu. Tapi semenjak saya sendiri belum berencana membeli dan juga versi gratisannya masih sangat memenuhi setiap kebutuhan saya, jadi masih di tahan dulu untuk mengeluarkan duit.

Lumayan buat beli tahu bulat.
Jangan pakai yang bajakan lagi ya, guys!


EmoticonEmoticon