Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.

Cara agar menampilkan ikon folder saja di Windows 10

Jika Anda menginginkan agar folder tetap ditampilkan sesuai dengan ikon bawaannya tanpa ada perubahan apapun, maka artikel ini mungkin bisa Anda praktekkan cara untuk melakukannya.

Dan hanya butuh beberapa detik saja. Bahkan, jika Anda sebelumnya sudah tahu cara menyembunyikan file dan folder di Windows, meskipun ada perbedaan - namun tahapannya juga memiliki kesamaan. Terkhusus pada penggunaan fitur Folder Options.

Cara agar selalu menampilkan ikon folder di Windows 10

Buka atau akses terlebih dahulu file/windows explorer. Saya sendiri biasanya dengan menekan Logo Windows + E di keyboard. Setelah itu, pilih View > Options > Change folder and search options.

Cara membuka Folder Options

Kemudian, akan terbuka kotak dialog Folder Options dimana nanti Anda akan memilih tab View. Di dalam pengaturan tab ini, akan ada beberapa (banyak) pilihan yang bisa dicentang (aktifkan) ataupun tidak. Cari dan temukan opsi Files and Folders. Lalu, beri tanda centang pada kotak Always show icons, never thumbnails (Selalu tampilkan ikon, bukan thumbnails).

Pengaturan agar ikon folder tidak menampilkan thumbnail

Sudah??? Langsung saja klik Apply terus OK untuk menyimpan perubahan pengaturan yang baru saja dilakukan.

Coba periksa sekarang bagaimana tampilan ikon folder dengan view yang besar baik berupa Large maupun Extra Large Icons. Seharusnya sudah tidak akan ditampilkan lagi isi dalam folder tersebut, melainkan hanya ikonnya saja. Setidaknya cara ini bekerja di laptop saya sendiri.

Kekurangan/Kelemahan

Karena cara ini selalu menampilkan ikon folder dan file saja dan tidak pernah menampilkan thumbnail, maka file-file yang ada pun tidak mendukung fitur pratinjau. Penggunaan fitur Preview Pane juga tidak mendukung.

Contohnya adalah foto. Biasanya, kita sudah bisa melihat isi foto yang ada sebelum kita membuka foto tersebut, karena ditampilkan thumbnail-nya. Namun, dengan mengaktifkan fitur ikon seperti cara diatas, mau tidak mau kita harus membuka fotonya menggunakan aplikasi terlebih dahulu. Jika dalam satu folder berisi puluhan hingga ratusan foto dan Anda hanya ingin membuka salah satunya saja, maka ya untung-untungan.

Karena bisa jadi, foto pertama yang Anda buka bukanlah yang benar-benar ingin Anda tampilkan/perlihatkan.

Jadi, silahkan.

Apakah benar-benar ingin menampilkan ikon folder saja atau membiarkannya seperti semula. Bagaimana?


EmoticonEmoticon