Langsung ke konten utama

3 Cara Akses Tombol Power di Windows 10 Untuk Shutdown, Restart dan Sleep

Tombol Power di Windows 10 bawaannya ada 3 di laptop saya yaitu untuk shutdown, sleep dan juga restart. Sangat dasar sekali untuk jenis panduan ini, sama juga seperti merubah ikon di Windows 10.

Tapi tak apalah. Barangkali ada juga yang baru mulai belajar mengeoperasikan laptop atau PC.

Mengenai cara mengakses tombolnya akan ada 3 pilihan. Dari yang paling dasar, sampai yang mungkin Anda sendiri belum mengetahuinya. Bahkan, dalam menggunakannya, ada beberapa opsi lain yang juga ditampilkan. Langsung saja ke bagaimana cara melakukannya, ya.

1. Menggunakan Start Menu

Start menu ini biasanya diakses dengan 2 cara yaitu klik logo Windows pada bagian bawah sudut kiri ataupun dengan menekan logo Windows pada keyboard.

Cara membuka power di start menu

Dari ketiga opsi di gambar, tinggal pilih saja mana yang dibutuhkan. Untuk Hibernate sendiri belum disertakan secara langsung namun tetap bisa diaktifkan melalui pengaturan di Control Panel.

2. Menggunakan shortcut Fn + Alt + F4

Pada laptop yang tidak memiliki tombol Fn di keyboard, biasanya tidak perlu disertakan untuk membuka pilihan shutdown ini. Tapi jika di keyboard-nya ada, biasanya sih harus digunakan plus dengan 2 key setelahnya yaitu Alt dan F4.

Shutdown laptop di Windows 10

Selain sebagai cara untuk non-aktifkan laptop, shortcut tersebut juga bisa digunakan untuk menutup sutau aplikasi. Jadi, bertambah lagi fungsinya.

Baca juga: Cara Non-Aktifkan Aplikasi Pada Startup Windows 10

Pada kotak dialog terbuka, silahkan arahkan pilihan untuk memilih opsi pada menu drop-down yang ditampilkan seperti gambar diatas. Dengan akses cara kedua ini, pilihannya pun lebih banyak daripada poin 1 diatas.

3. Menggunakan shortcut Windows + X

Cara yang terakhir ini mungkin belum Anda tahu. Kalau sudah tahu, ya sudah. Yang jelas, ini juga bisa dimanfaatkan dengan tujuan yang sama dalam penulisan panduan ini. Juga tersedia beberapa opsi lainnya yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Pilihan yang ada terkait fungsi fitur power di Windows 10 dengan metode ini hanya ada beberapa saja. Bahkan hampir sama dengan yang disediakan pada cara di poin 1 selain pada adanya pilihan tambahan yaitu Sign out akun windows Anda.

Membuka tombol power dengan shortcut

Silahkan gunakan keyboard dengan menekan Windows + X ini untuk mencobanya.

Rekomendasi: 4 Cara Screenshot di Windows 10

Dari ketika cara mengakses tombol power di Windows 10 diatas, Anda bisa menggunakan salah satunya saja. Alasan utama untuk mengetahui beberapa opsi yang ditawarkan dalam peng-aksesannya sebenarnya untuk antisipasi jika salah satu dari ketiga metode diatas terkendala atau bermasalah (error).

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.