2 Cara Membalik Gambar di GIMP

2 Cara Membalik Gambar di GIMP

Membalik, memutar gambar (flip) bermanfaat untuk menampilkan gambar yang sama dengan sudut pandang yang berbeda. Misalnya, ketika objek utama dalam foto berada di sebelah kanan, dan Anda ingin membaliknya agar berada di sebelah kiri. Bisa juga secara atas-bawah atau vertikal.

Hal ini juga akan sangat membantu dalam proses pengeditan lebih lanjut seperti membuat karya fotografi dengan cara menggabungkan beberapa foto dalam satu dokumen di GIMP.

Dan dalam tutorial kali ini, ada 2 cara untuk melakukannya. Yang pertama adalah dengan membalik gambar secara sederhana dan yang kedua adalah membalik layer gambar. Kesamaan dari kedua cara ini adalah kesemuanya hanya menggunakan menu yang telah tersedia. Jadi, tinggal klak-klik saja. Mengenai penjelasan kedua metode ini, akan diinformasikan lebih lanjut secara terpisah dalam poin berikut.

1. Cara membalik foto di GIMP

Metode pertama ini proses kerjanya akan menerapkan perubahan pada seluruh gambar atau layer di GIMP. Jadi, jika ada beberapa gambar yang masing-masing berada dalam 1 layer berbeda, maka semua gambar dalam dokumen tersebut akan ikut terbalik.

Jadi, baiknya menggunakan metode ini jika Anda hanya memiliki 1 gambar atau layer saja. Tidak lebih.

Caranya adalah dengan memilih Image > Transform dan pada bagian sebelah kanan akan muncul beberapa pilihan. Sebagai contoh, jika ingin membaliknya secara horizontal (arah kanan-kiri), tinggal pilih saja Flip Horizontally. Namun jika sebaliknya (arah atas-bawah), bisa dengan meng-klik Flip Vertically untuk memutar gambar secara vertikal. Klik juga pada pilihan lainnya untuk bereksperimen.

Kali ini, saya akan memperlihatkan salah satu contoh hasil membalik objek secara vertikal.

Cara membalik gambar menggunakan GIMP

Pada gambar diatas, tampak bahwa meskipun Anda hanya memilih salah satu layer objek untuk di-flip, namun keseluruhan layer beserta konten didalamnya pun mengikuti perubahan pada layer yang diseleksi tersebut. Inilah mengapa sejak awal saya menyampaikan bahwa penggunaan cara ini dikhususkan untuk satu gambar (objek) saja.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara kedua jika Anda bekerja dengan beberapa layer yang salah satu objeknya ingin dibalik tanpa “mengganggu” isi layer lainnya.

2. Flip Layer dan objek didalamnya

Adanya kelemahan dari metode pertama diatas yang hanya melakukan flip pada objek saja, maka di GIMP sudah menyediakan fitur untuk membalik layer. Dimana prosesnya juga akan secara otomatis membalik objek yang ada didalam layer tersebut.

Silahkan pilih salah satu layer yang akan diubah tampilan objeknya, kemudian menuju menu Layer > Transform dan klik salah satu pilihan yang ada. Misalnya, Flip Horizontally.

Setelah itu, lihat hasilnya.

Dengan cara kedua ini, seharusnya objek pada layer yang dipilih saja yang terbalik secara horisontal. Sedangkan objek pada layer lainnya akan tetap seperti semula karena tidak terpengaruh sedikit pun atas perubahan yang baru saja dilakukan.

Entah bagaimana prosesnya secara lebih tepat. Tapi, sepertinya metode membalik layer adalah juga membalik konten (isinya) karena layer salah satunya berfungsi seperti sebuah wadah (container) dari objek.

Ibarat sebuah ember (wadah) yang didalamnya berisi air (konten). Jika embernya dibalik, maka isinya pun akan mengikuti arah dari wadah tersebut.

Baca juga: Cara Mengatur Posisi Objek di Gimp

Demikian cara membalik objek (gambar, foto, teks dan sebagainya) menggunakan GIMP. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon