Langsung ke konten utama

Cara Membuat Beberapa Tampilan Desktop Virtual di Windows 10

Di Windows 10, Anda dimungkinkan untuk membuat beberapa tampilan Desktop Virtual. Jika Anda menggunakan 1 laptop, dengan desktop virtual ini, Anda seolah memiliki beberapa atau lebih dari 1 laptop (monitor).

Membuat beberapa tampilan desktop di WIndows 10

Entah berapa banyak batasan maksimal jumlah desktop yang bisa ditampilkan, namun, memiliki 2 atau 3 tampilan desktop saja sudah sangat bermanfaat.

Terutama dalam memisahkan berbagai aktivitas yang berbeda yang Anda akses. Misalnya pada tampilan desktop pertama, Anda membuka beberapa software untuk berbagai kebutuhan (campuran). Dan, desktop selanjutnya hanya berisi aktivitas Windows yang khusus untuk mendukung pekerjaan kantor atau tugas kuliah.

Hal itu bisa dan sangat mudah untuk dilakukan.

1. Menambahkan Virtual Desktop

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan menggunakan Task View pada Task Manager.

Menggunakan Task View untuk virtual desktop di WIndows 10

Jika Anda sebelumnya memilih untuk tidak menampilkan task view, untuk memunculkannya kembali bisa dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih Show Task View Button.

Cara kedua adalah dengan menggunakan shortcut Windows + Ctrl + D. Maka akan terbuka secara otomatis tampilan desktop baru tanpa adanya aplikasi yang terbuka sebagaimana yang ada di desktop sebelumnya.

Kalau menggunakan cara pertama diatas, bisa juga langsung memilih New Desktop pada opsi yang tersedia di layar monitor.

Menambahkan desktop baru di Windows 10

2. Berpindah antar-tampilan desktop

Setelah membuat beberapa desktop baru, Anda akan melihat bahwa penamaan berbagai desktop virtual tersebut adalah Desktop 1, Dsktop 2, dan seterusnya secara berurutan. Untuk mengkases masing-masing tampilan, akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan Task View sebagaimana cara pertama pada poin pertama diatas.

Jangan lewatkan: 4 Cara Screenshot di Windows 10

Atau jika ingin menggunakan shortcut, silahkan tekan Windows + Ctrl + Tanda Panah di Keyboard (Kanan-Kiri).

Kalau menggunakan netbook atau laptop dengan layar 11-12 inch, mungkin hanya akan mampu menampilkan hingga Desktop 6. Jika menggunakan layar yang lebih besar, mungkin jumlahnya akan berbeda.

Jumlah tampilan Desktop Virtual di laptop

Navigasi yang ditampilkan hanyalah tanda panah ke kanan dan kiri dan tidak ada fungsi seperti untuk melakukan scrolling agar tidak menekan mouse secara terus-menerus.

Fitur menarik lainnya juga adalah, jika Anda secara tidak sengaja menutup salah satu desktop yang berisi lembar kerja tertentu atau telah membuka salah satu aplikasi, maka akan secara otomatis dipindahkan ke desktop sebelumnya yang berada pada sebelah kiri.

Jadi, tidak perlu khawatir untuk kehilangan file pekerjaan jika belum disimpan.

Rekomendasi: Cara Membuka Aplikasi Pembuka File Bawaan di Windows 10

Demikian panduan singkat ini. Selamat bekerja di Desktop Virtual Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.