3 Cara Membuat Layer Baru di GIMP

3 Cara Membuat Layer Baru di GIMP

Membuat layer baru di GIMP memang sangatlah dasar sekali. Namun bagaimanapun, sebagai pengguna baru - barangkali masih ada yang kebingungan seperti saya awalnya. Karena itulah panduan singkat ini dibuat.

Lebih tepatnya, akan ada 3 cara untuk melakukannya yaitu menggunakan panel yang sudah disediakan, memakai shortcut keyboard dan yang terakhir adalah memanfaatkan menu yang ada di GIMP.

Ok, langsung saja!

Cara pertama adalah dengan mengakses panel paling bawah yang terdapat di layer dengan ikon gambar kertas berwarna putih.

Membuat layer baru di GIMP

Cara kedua yaitu menggunakan tombol Shift + Ctrl + N di keyboard sebagai shortcut bawaannya kalau memakai sistem operasi Windows 10. Dan yang terakhir adalah mengaksesnya melalui menu Layer > New Layer.

Dari ketika cara tersebut, terdapat kesamaan sesaat setelah menggunakannya. Yaitu akan muncul kotak dialog mengenai pengaturan layer baru yang akan dibuat. Yaitu penentuan nama layer, lebar dan tinggi (pengaturan dimensi) serta warna latar belakang layer baru tersebut.

Pengaturan layer baru di GIMP

Saya sendiri biasanya tidak lagi melakukan pengaturan pada nama layer karena biasanya tidak begitu dibutuhkan. Kalaupun ada perubahan, tinggal klik 2X pada nama tersebut lalu mengubahnya secara langsung. Pada dimensi layer pun tidak ada yang dilakukan selain mengikuti apa yang sudah terisi secara otomatis ini supaya ukurannya tetap sama dengan layer utama atau ukuran gambar/foto.

Namun berbeda pada bagian Layer Fill Type yang berisi pilihan warna pada layer baru yang akan dibuat, karena adanya perbedaan kebutuhan. Tapi jika hanya ingin layer tampak transparan, bisa dengan memilih Transparency.

Setelah itu, klik Ok untuk mengakhiri prosesnya. Dan, selesai!

Layer baru tentunya sudah ada kan?


EmoticonEmoticon