Cara Membuat Stroke Objek Hasil Seleksi di GIMP

Cara Membuat Stroke Objek Hasil Seleksi di GIMP

Stroke objek di GIMPStroke sedikit berbeda dengan garis terluar (outline) dari suatu objek. Outline benar-benar berada diluar dari suatu seleksi dan objek, sementara Stroke sebagian berada diluar seleksi dan sebagian yang lainnya berada didalamnya.

Misalnya ukuran stroke adalah 6 pixels, maka 3 pixel akan berada diluar seleksi dan 3 sisanya akan berada di bagian dalam seleksi.

Untuk membuatnya sangatlah mudah dan cepat. Pada lembar kerja atau dokumen di GIMP, silahkan buat seleksi baru misalnya menggunakan Rectangle Select. Setelah itu, tentukan warna stroke akan diisi dengan warna apa. Mengenai hal ini, prosesnya mengacu pada warna background dan foreground yang terdapat di Toolbox GIMP.

Memilih dan merubah warna Stroke di GIMP

Setelah itu, pilih menu Edit > Stroke Selection untuk memunculkan kotak dialog pengaturannya.

Kotak dialog pengaturan Stroke di GIMP

Untuk membuat garis stroke 1 warna, Anda harus memilih Solid color seperti pada gambar diatas. Sedangkan jika memilih Pattern, maka akan mengacu pada pola gambar tertentu. Centang juga pada kotak Antialiasing agar garis yang terbentuk menjadi halus dan tidak pecah. Kemudian, tentukan ukuran dan satuannya pada bagian Line Width untuk mengatur ketebalan garis.

Pada Line Style terdapat beberapa gaya garis yang bisa dipilih. Silahkan bereksperimen untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disana juga bisa dimanfaatkan jika menginginkan bentuk garis putus-putus dan sebagainya.

Jika sudah sesuai atau memilih contoh pengaturan diatas, klik Stroke pada kotak dialog tersebut untuk memulai proses pembuatan dan melihat hasilnya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon