Langsung ke konten utama

Cara Menyimpan dan Memasukkan Bookmark Situs di Google Chrome

PinkFavor.blogspot.com - Terdapat 2 istilah yang berhubungan dengan ini yaitu Export dan ImportExport data bookmark di browser Google Chrome merujuk pada kegiatan untuk "mengeluarkan" (ekspor) atau menyimpan dengan cara mengunduh hasil bookmark situs yang sudah ada. Sebaliknya, Import yaitu memuat atau memasukkan kembali file yang telah disimpan sebelumnya ke browser.

Ada satu alasan utama yang bagi saya sangat penting kenapa kita harus melakukan ini. Yaitu sebagai cadangan (backup) ketika browser maupun laptop mengalamai permasalahan (rusak). Baik karena virus, malware, dan berbagai penyebab lainnya.

Jika file cadangannya aman dan tersimpan dengan baik misalnya di flashdisk, maka itu akan memungkinkan Anda untuk selalu bisa mengaksesnya menggunakan perangkat lainnya yang sejenis. Misalnya nih, Anda punya file hasil export bookmark dan tersimpan di flashdisk. Jika ingin melihatnya di laptop teman atau saudara, tinggal di import saja ke browsernya.

Dan untuk melakukan itu, akan disampaikan bagaimana caranya dalam panduan ini.
Tenang! Mudah dan sangat gampang kok.

Menyimpan (export) situs yang di-Bookmark di Google Chrome

Buka browser Google Chrome Anda dan menuju menu pengaturan yang ditandai dengan tanda titik 3 pada bagian atas sebelah kanan. Lalu pilih Bookmarks > Bookmark manager. Bisa juga dengan menekan Ctrl + Shift + O sebagai pintasannya di keyboard.

Setelah itu, akan terbuka tab halaman baru dengan nama Bookmarks yang memiliki ikon 1 bintang, tapi bukan bintang rating hotel ini ya.

Pada bagian atas kanan dalam halaman tersebut, terdapat menu pengaturan (ikon titik 3 lagi) yang ketika di klik akan menampilkan beberapa opsi kepada pengguna. Salah satunya adalah Export bookmarks dan silahkan pilih atau klik pada opsi tersebut.

Meng-export bookmark situs di Google Chrome

Setelah itu, akan muncul kotak dialog Save As dimana Anda akan memutuskan untuk menyimpan file tersebut pada direktori atau folder yang Anda inginkan. Jika sudah menentukan lokasi penyimpanan filenya, silahkan langsung klik Save untuk mengakhiri proses ini dan periksa file tersebut di dalam folder yang telah Anda tentukan tadi.

Rekomendasi: Cara Merubah Aplikasi Pembuka File Bawaan di Windows 10

Saat menyimpan, Anda boleh juga untuk mengubah nama file. Mengenai formatnya, biasanya adalah .html.

Memasukkan (import) file bookmark ke Google Chrome

Setelah menyimpan file bookmark seperti langkah diatas, maka panduan selanjutnya adalah bagaimana Anda akan memuatnya kembali ke browser Chrome. Katakanlah Anda meng-install ulang chrome karena suatu hal sehingga tampilannya masih "bersih" dan juga belum berisi bookmark situs Anda.

Untuk memasukkannya kembali, perhatikan gambar diatas pada bagian yang diberi nomor 2. Tepat diatas opsi export, silahkan klik pada Import bookmarks. Setelah itu akan tampil kotak dialog Open.

Lakukan pencarian file bookmark yang telah Anda simpan di direktori dan folder Anda. Jika sudah ditemukan, klik 2X filenya atau cukup sekali saja dan klik Open untuk memulai prosesnya. Sesaat kemudian, maka Bookmark di Google Chrome akan termuat secara otomatis.

Dan selesai.

Menampilkan bookmark bar

Bagi yang belum tahu bagaimana menampilkan bookmark bar, silahkan menuju Settings > Appearance. Lalu aktifkan pilihan Show bookmarks bar yang ditandai dengan warna tombol bulat pada bagian sebelah kanan berwarna biru.

Dan tepat dibawah kotak pencarian yang biasanya Anda menuliskan alamat situs di browser, akan ditampilkan berbagai situs atau blog yang telah Anda bookmark (import) sebelumnya.

Baca juga: 2 Cara Non-Aktifkan Update Otomatis Windows 10

Hal penting lain yang juga berguna dalam melakukan bookmark adalah, meskipun Anda menyimpannya menggunakan chrome, namun tetap memungkinkan untuk dimasukkan di browser lainnya seperti Firefox, Opera dan sebagainya.

Demikian panduan singkat ini. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.