Langsung ke konten utama

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Merubah ekstensi/format file
Di Windows 10 sendiri, ekstensi file ini sudah ditampilkan dan sepertinya merupakan pengaturan bawaannya sejak pertama kali di-install. Namun, jika format file ini tidak muncul, Anda bisa melakukan langkah tambahan. Apalagi jika sebelumnya ternyata pernah diubah pengaturannya namun mungkin Anda lupa bagaimana proses melakukannya.

Cara menampilkan ekstensi/format file di Windows 10

Tahapannya adalah, akses pengaturan Folder Options di Windows Explorer. Jika masih bingung, Anda bisa membaca pandual sebelumnya mengenai cara agar ikon folder tidak menampilkan thumbnail file yang ada didalam folder tersebut. Pada artikel tersebut saya kira sudah cukup jelas. Kemudian, hilangkan centang pada Hide extensions for known file types.

Pengaturan tampilan ekstensi file di Windows 10

Setelah itu simpan perubahannya dengan meng-klik Apply lalu Ok.

Cara merubah format atau ekstensi file

Nah sekarang kita akan menuju pada cara untuk merubah format file yang sudah ada. Merubah format aslinya dengan yang Anda inginkan. Caranya yaitu dengan melakukan klik kanan pada file yang ingin diubah, lalu pilih Rename (ubah nama). Bisa juga menggunakan tombol keyboard Fn + F2. Jika tidak memiliki tombol Fn, cukup menekan F2 saja.

Setelah itu, Anda bisa langsung merubah ekstensi filenya sesuai keinginan Anda. Dan prosesnya pun sama dengan mengubah nama pada file. Anda hanya perlu mengetikkan ekstensinya saja. Serta jangan lupa tanda satu titik (dot) tidak boleh dihilangkan sebelum ekstensi file.

Merubah ekstensi atau format file di Windows

Pada gambar diatas, semua file awal pada sebelah kiri telah saya ganti ekstensinya dan hasilnya bisa dilihat pada bagian sebelah kanan. Jika diperhatikan, ikon filenya pun mengikuti ikon dari ekstensi baru yang digunakan.

Menggunakan cara merubah format file ini, bisa sedikit membantu Anda untuk mengantisipasi dan "mengakali" jika suatu saat ada yang menggunakan laptop Anda dan mungkin punya niat lain. Atau barangkali ingin menyembunyikan file rahasia tertentu di Windows, tanpa harus menghilangkan tampilannya di explorer.

Setidaknya akan sedikit mengecoh pengguna lainnya.

Selanjutnya, file yang telah mengalami perubahan tersebut, juga secara otomatis akan terbuka dalam aplikasi bawaan (default) yang telah ditentukan. Misalnya file orisinalnya adalah Excel dengan format .xlsx yang diubah ke dalam format .jpg. Maka ketika membuka filenya, akan otomatis ditampilkan menggunakan aplikasi semisal ImageGlass atau Photos.

Dan, hasilnya tentu saja akan error. Yah tidak mungkin file excel dibuka dalam bentuk gambar/foto. Setidaknya untuk saat ini memang seperti itu. Karena aplikasi pembukanya adalah Microsoft Excel atau WPS Spreedsheets dan sebagainya.

Tapi tenang saja! Hanya karena error tersebut, bukan berarti bahwa file Anda telah error atau rusak juga. Tidak seperti itu. Anda tetap bisa mengubahnya ke format aslinya seperti cara diatas. Bahkan, tanpa dirubah lagi pun sebenarnya tetap bisa ditampilkan dengan baik.

Caranya yaitu cukup klik kanan pada file, lalu pilih Open With (buka dengan). Setelah itu, cari dan ubah ke aplikasi pembuka di Windows 10 mana yang mendukung untuk menampilkan file yang ada.

Dan, beres! Sepengalaman saya, selama ini baik-baik saja. Tidak ada corrupt-nya sama sekali. Dan, silahkan dicoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.