Cara Non-Aktifkan Lock Screen di Windows 10

Cara Non-Aktifkan Lock Screen di Windows 10

Non-aktifkan lock screen di Windows 10

Ada beberapa pilihan tampilan yang terkadang butuh untuk dilakukan perubahan atau bahkan tidak ingin ditampilkan di Windows 10. Salah satu pilihan tersebut mungkin ingin me-nonaktifkan (disable) Lock Screen.

Tampilan ini biasanya aktif saat laptop atau PC dalam kondisi sleep dan dapat sedikit menggunakan sumber daya batrei yang ada.

Dan, kali ini. Untuk melakukannya, adalah dengan melakukan perubahan pada Registry. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Registry di Windows 10 di back-up terlebih dahulu.

Jika sudah, yuk langsung saja ke pengaturan apa saja yang diperlukan untuk men-disable lock screen.

Pertama-tama, silahkan menuju Registry Editor. Bisa dengan langsung mengetikkan kata kunci Regedit pada kolom pencarian aplikasi seperti berikut ini.

Akses Regedit Windows 10

Setelah itu, buka direktori HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Polocies > Microsoft > Windows.

Direktori Regedit untuk non-aktifkan lock screen Windows 10

Kemudian, klik kanan pada direktori Windows lalu pilih New > Key. Sesaat setelah itu, akan muncul direktori baru yang juga tampak seperti ikon folder, lalu ganti namanya menjadi Personalization.

Membuat key baru di Regedit dengan nama Personalization

Di dalam direktori baru ini pada isi halamannya sebelah kanan, klik kanan kemudian pilih New > DWORD (32-bit) Value atau DWORD (64-bit) Value. Silahkan sesuaikan apakah sistem operasi Windows 10 Anda menggunkan 32 atau 64 bit.

Namun, memilih salah satunya secara langsung biasanya tidak masalah karena meskipun salah, sistem yang ada akan secara otomatis menyesuaikan. Contoh seperti yang saya lakukan dimana sistem operasinya adalah 64-bit, namun ketika memilih 32-bit, maka ternyata langsung otomatis berubah ke 64-bit.

Setelah itu, DWORD baru ini akan kita namai sebagai NoLockScreen. Klik 2X untuk membuka file ini dan pada bagian Base, pilih Hexadecimal dan Value Data-nya isi dengan angka 1.

Non-Aktifkan Lock Screen di Windows 10

Setelah semua pengaturan diatas telah selesai dilakukan, jangan lupa untuk me-restart Windows agar sistem operasi memuat pengaturan baru yang baru saja diterapkan. Kalau pas menghidupkan laptop dan Anda tidak mengaktifkan form password saat logon, maka seharusnya Anda akan langsung masuk menuju tampilan desktop Windows 10.

Jika suatu saat Anda ingin mengaktifkan kembali lock screen tersebut, bisa melalui file cadangan registry sebagaimana yang saya informasikan di awal karena belum berisi file perubahan diatas. Atau bisa juga melalui file DWORD pada perubahan diatas dimana angka 1 diubah menjadi 0.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon