Cara Seleksi Objek 1 Warna di GIMP

Cara Seleksi Objek 1 Warna di GIMP

Cara seleksi objek dengan berdasarkan warna
Pada tutorial singkat ini, Anda akan belajar melakukan seleksi terhadap objek yang hanya memiliki 1 warna saja. Warna objek yang dimaksudkan biasa juga disebut sebagai Solid Color (warna solid).

Berbeda dengan warna gradasi (gradient) yang minimal terdiri dari 2 warna dan memiliki pengaturan khusus terutama transisi (perpindahan) antar-warna. Kalau warna solid ya memang hanya ada 1 saja, tidak lebih.

Untuk menyleksi objek yang memiliki hanya satu warna ini sangat mudah sekali dilakukan di GIMP. Cukup dengan memilih salah satu layer kerja lalu menuju atau klik pada menu Select > By Color. Jika ingin menggunakan shortcut, bisa dengan menekan Shift + O pada keyboard. Sesaat kemudian, bentuk kursor akan bertambah dengan adanya ikon tangan yang menunjuk kearah sebelah kiri.

Setelah itu, tinggal klik warna pada objek yang akan Anda seleksi. Dan fitur yang digunakan akan secara otomatis menyeleksi keseluruhan warna yang sama.

Cara ini akan bekerja dengan baik pada karya desain dengan warna yang solid. Untuk penggunaannya pada foto (Raster) mungkin tidak begitu akan direkomendasikan, meskipun masih bisa untuk dilakukan pengeditan hasil seleksi.

Kalau melakukan seleksi warna tertentu pada hasil fotografi secara cepat, mungkin penggunaan Fuzzy Select akan lebih tepat.

Lanjutkan juga dengan belajar mengetahui cara crop foto dengan tool Rectangle Select di GIMP.

Terima kasih.


EmoticonEmoticon