Langsung ke konten utama

Cara Mengedit Seleksi Menggunakan GIMP

Membuat seleksi pada bagian tertentu suatu objek di GIMP sudah disediakan tool-nya. Bisa menggunakan Rectangle Select, Ellipse, Pen Tool dan masih ada beberapa lagi. Ada kalanya ketika melakukan seleksi, hasilnya mungkin tidak sesuai dengan keinginan. Jika tidak ingin membuat yang baru, kenapa tidak meng-edit saja hasil seleksi yang telah dibuat?!

Mengubah hasil seleksi di GIMP

Sebagai contoh. Anda ingin membuat seleksi objek pada foto yang katakanlah berbentuk kotak. Dan harus sama persis. Namun, ketika melakukannya, ternyata malah kurang atau bahkan berlebihan. Pada kondisi seperti itulah, pengeditan terhadap seleksi dibutuhkan.

Mudah kok caranya.

Silahkan buat seleksi pada objek yang Anda inginkan terlebih dahulu. Terserah apakah akan kurang atau lebih, tidak jadi masalah. Dalam contoh kali ini, saya membuat seleksi menggunakan Rectangle Select yang berada di Toolbox.

Setelah itu, Anda bisa lihatkan bahwa garis hitam putih putus-putus bergerak sebagai tanda aktifnya seleksi pada layer akan berbentuk kotak sebagaimana fungsi dari tool yang saya gunakan. Kemudian, arahkan kursor pada bagian tengah seleksi untuk menampilkan ikon fitur yang memungkinkan untuk meng-edit hasil seleksi ini.

Arah seleksi di GIMP

Akan ada 4 kotak pada bagian atas dan bawah (sebelah kanan dan kiri) yang menunjukkan bahwa ketika kursor diarahkan ke salah satu kotak tersebut sambil klik, tahan dan geser, maka Anda bisa secara langsung mengedit hasil seleksi yang ada.

Dari ke-4 kotak yang ada, arahkan juga kursor Anda pada ruang kosong yang memisahkan antara 2 kotak. Dan akan muncul kotak yang biasanya berwarna kuning sebagai indikasi bahwa pengeditan seleksi juga bisa dilakukan pada arah atas, bawah, samping kanan dan juga kiri.

Posisi seleksi di GIMP

Secara garis besar, arah penggeseran seleksi ini ada 3 yaitu secara vertikal, horizontal dan juga diagonal (miring). Setelah itu, manfaatkan juga fitur zoom-in (memperbesar objek) dan zoom-out (memperkecil) agar mendapatkan hasil seleksi yang benar-benar rapi (presisi).

Kemudian, silahkan lanjutkan apakah hasil seleksi tersebut akan di-copy ke layer baru atau apapun yang menjadi kebutuhan Anda.

Semnagat belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.