Cara Merubah Wallpaper Windows 10 Bergantian Secara Otomatis Dalam Waktu Tertentu

Cara Merubah Wallpaper Windows 10 Bergantian Secara Otomatis Dalam Waktu Tertentu

Cara mengganti wallpaper di Windows 10 secara otomatis

Membuat gambar wallpaper Windows 10 bergantian atau berubah-ubah dalam waktu tertentu misalnya tiap 30 menit, bisa dilakukan dengan mudah. Karena fiturnya pun sudah disediakan. Tinggal apakah Anda akan menggunakannya atau tidak. Fitur tersebut bernama Slideshow karena proses kerjanya memang mendukung transisi gambar dalam satuan waktu yang ditentukan.

Kalau mau, hal ini mungkin dapat sedikit merubah "suasana" tampilan desktop. Biar gak kaku. Apalagi jika Anda termasuk yang cepat bosan dengan 1 gambar tertentu.

Untuk merubahnya memang sangatlah mudah dan juga tidak begitu menguras waktu. Bahkan kedepannya, mungkin Anda tidak akan lagi bolak-balik melakukan pengaturan tampilan karena akan menyetingnya sekali saja. Setelah itu, biarkan pengaturan tersebut berjalan secara otomatis.

Menyiapkan folder gambar untuk dijadikan wallpapaer

Langkah pertama ini sifatnya opsional. Bisa Anda ikuti ataupun tidak. Folder gambar yang dimaksudkan adalah folder yang khusus berisi gambar atau foto yang akan dijadikan sebagai wallpaper nantinya. Anda bisa menyimpan folder tersebut di drive atau partisi mana saja. Entah di C, D dan sebagainya.

Saya yakin bahwa kemungkinan besar gambar yang ada di laptop Anda saat ini pun sudah diatur atau dirapikan dalam folder khusus agar lebih mudah untuk diidentifikasi (akses).

Namun, jika foto-foto yang akan dijadikan sebagai background masih bercampur dengan gambar lainnya, misalnya foto bersama Dosen Anda; Dan Anda tidak ingin menampilkannya sebagai wallpaper laptop, maka lebih baik untuk melakukan seleksi terhadap gambar dan menyimpannya di folder khusus.

Semua gambar yang ada dalam folder tersebut nantinya akan menjadi referensi terkait pengaturan yang akan dilakukan selanjutnya.

Pengaturan cara membuat wallpaper berubah-ubah secara otomatis

Setelah menentukan folder yang sudah berisi berbagai gambar wallpaper seperti diatas, maka langkah berikutnya adalah mulai mengakses pengaturan yang telah disediakan.

Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada desktop, lalu pilih Personalize.

Cara mengakses pengaturan background Windows 10

Setelah itu, Anda akan secara otomatis diarahkan pada bagian pengaturan Background. Dan, dalam pengaturan inilah semua fitur yang Anda butuhkan untuk perubahan tampilan desktop secara berkala  tersedia. Lihat gambar berikut ini mengenai pengaturan yang saya lakukan.

Cara merubah wallpaper secara otomatis di Windows 10

Untuk lebih memperjelas gambar diatas, informasi/keterangannya adalah sebagai berikut:

1. Pada bagian pertama ini, pilihan mengacu pada jenis wallpaper yang akan digunakan dan ada 3 opsi untuk itu yaitu Picture untuk background berformat gambar/foto, Solid Color untuk latar belakang yang terdiri atas 1 warna, dan yang terakhir adalah Slideshow. Pilihan terakhir inilah yang harus Anda gunakan untuk menampilkan wallpaper yang berubah-ubah.

2. Choose albums for your sldeshow. Pada poin 2 gambar diatas, Browse digunakan untuk menelusuri lokasi/direktori penyimpanan folder yang berisi foto-foto untuk digunakan sebagai wallpaper. Silahkan klik, cari foldernya lalu seleksi dan muat sebagai rujukan untuk wallpaper desktop Anda.

Folder yang berisi gambar untuk dijadikan sebagai background

3. Change picture every atau tiap berapa lama (menit, jam dan hari) Anda ingin tampilan gambar wallpaper-nya berubah-ubah. Paling cepat pergantian/transisinya adalah 1 menit dan yang terlama adalah 1 hari. Anda juga bisa memilih tiap 1 atau 6 jam.

4. Shuffle. Saat me-nonaktifkan opsi ini, maka pergantian gambar akan dilakukan secara berurutan. Misalnya, nama file gambarnya di dalam folder diubah beradasarkan nomor atau angka menjadi 1, 2, 3 dan seterusnya. Maka tampilan slideshow-nya pun akan mengikuti pengaturan tersebut. Sedangkan jika diaktifkan, maka transisinya akan menampilkan gambar secara acak (random).

5. Allow slideshow when on battery power. Opsi ini jika di non-aktifkan, maka wallpaper tidak akan berganti-ganti ketika sumber daya laptop menggunakan batrei baik dalam keadaan tidak di-cas maupun saat batrei laptop dilepas. Hal ini disebabkan karena dalam prosesnya memang mengkonsumsi daya yang ada, meskipun cuma sedikit. Kalau diaktifkan, maka hasilnya adalah sebaliknya.

6. Choose a fit. Karena ukuran gambar berbeda-beda yang dimensinya bahkan melebihi ukuran layar/monitor, maka pilihan ini akan sangat mendukung tampilan gambar yang proporsional pada desktop Anda. Saya pribadi biasanya memilih Fill saja karena biasanya tampilannya secara otomatis sesuai dengan yang saya inginkan. Silahkan juga bereksperimen dengan piliahn lainnya sambil memperhatikan langsung perubahannya pada monitor.

Demikian cara membuat wallpaper di Windows 10 berubah-ubah secara otomatis dalam satuan waktu tertentu. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon