Langsung ke konten utama

Cara Mengubah Foto Menjadi Gambar Abstrak Kotak-Kotak di GIMP

Tutorial Gimp kali ini adalah untuk merubah foto menjadi gambar abstrak kotak-kotak. Entah nanti akan dijadikan Wallpaper laptop ataupun hp hasil karya Anda sendiri ataupun dalam bentuk penggunaan lainnya, silahkan. Atau ingin sekedar belajar menggunakan GIMP juga, ok-ok saja.

Mengubah foto menjadi gambar abstrak menggunakan GIMP

Kalau melihat gambar diatas, gambar yang saya gunakan adalah foto durian yang entah apa tujuan pengambilannya. Pokoknya tidak jelas lah. Karena memang saya seringkali tidak begitu paham dengan fotografi. Mungkin waktu itu sedang belajar saja. Tapi lumayanlah, daripada dihapus. Mending dijadikan karya baru.

Mengenai hasil akhir, silahkan lihat pada gambar terakhir dibawah agar lebih jelas lagi.

Cara merubah foto menjadi gambar abstrak kotak-kotak di GIMP

Jika Anda tertarik untuk mengetahui caranya lebih lanjut, silahkan gunakan foto apa saja. Dan karena adanya perbedaan referensi gambar yang digunakan, pengaturannya pun bisa jadi akan berbeda pula. Tapi mengenai langkah-langkahnya, bisa dibilang akan sama saja sepertinya.

1. Merubah gambar menjadi kotak-kotak

Jika fotonya sudah dibuka di GIMP, ada baiknya layer gambar utama Anda di duplikat dulu agar foto aslinya tetap terjaga. Lalu, kita akan langsung saja merubahnya menjadi abstrak dengan pola kotak-kotak.

Caranya adalah dengan mengakses menu Filters > Blur > Pixelize. Pada gambar yang saya gunakan, pengaturan pada filter ini adalah sebagai berikut.

Pengaturan filter Pixelize di GIMP

Diawal sudah saya informasikan bahwa mungkin saja Anda akan memiliki pengaturan yang berbeda. Jadi, silahkan disesuaikan saja. Baik untuk langkah pertama ini maupun pada tahapan selanjutnya.

2. Menajamkan gambar

Setelah tahap pertama terlewati, hasil yang saya dapatkan sudah berupa gambar kotak abstrak. Namun, hasilnya menurut saya masih terlihat terlalu lembut (soft).

Karena itu, agar tampilan gambarnya cukup tajam (sharp), maka tahap kedua ini akan kembali menggunakan filter. Namun berbeda dengan apa yang diterapkan pada langkah 1 diatas.

Nama filternya adalah Unsharp Mask. Anda bisa membukanya dengan menuju menu Filters > Enhance > Unsharp Mask.

Pengaturan filter Unsharp Mask untuk menajamkan gambar

3. Beri sedikit tekstur

Langkah kedua diatas sepertinya bersifat opsional. Jadi Anda mau melakukannya atau tidak, silahkan. Tergantung kebutuhan dan mungkin selera Anda saja. Namanya juga saya tidak paham desain grafis.

Jadi untuk langkah ke-3 ini, saya ingin mengisinya dengan tekstur agar tidak tampak terlalu halus meskipun sudah ditajamkan sebelumnya. Dan untuk hal tersebut, saya menggunakan filter Noise. Dan dari beberapa pilihan yang ada, saya menggunakan HSV Noise melalui Filters > Noise > HSV Noise.

Berikut pengaturan yang saya terapkan.

Pengaturan filter HSV Noise di GIMP

Sejauh ini, tampilan hasil yang saya dapatkan menggunakan langkah-langkah diatas bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Hasil pembuatan gambar abstrak kotak-kotak

4. Meningkatkan warna gambar

Hal berikutnya yang ingin saya ubah adalah warna. Meskipun akan tampak tidak jauh berbeda dengan warna aslinya, namun cukup memuaskan untuk meningkatkan warna yang ada dan sedikit menambahkannya dengan warna lain.

Untuk itu, saya menerapkan gradasi dengan memakai Blend yang merupakan salah satu tool yang terdapat pada Toolbox. Namun sebelum itu, silahkan buat layer transparan baru terlebih dahulu dan pastikan bahwa posisinya berada diatas layer gambar abstrak.

Setelah itu, Anda bisa menentukan warna apa saja yang akan digunakan atau memilih salah satu warna gradasi bawaan yang tersedia. Lalu tinggal klik pada bagian dalam dokumen. Saya sendiri melakukannya secara diagonal (miring) dari sisi kiri atas ke sisi kanan bawah.

Meningkatkan warna gambar abstrak dengan warna gradasi

Silahkan berkreasi baik mengenai warna gradient maupun arah gradasi tersebut.

Setelah itu, ubah Mode pada layer gradasi ini menjadi Overlay. Bisa juga mode lainnya sesuai yang Anda inginkan.

Jika ingin merubah nilai pada Opacity layer-nya pun, jangan sungkan-sungkan!

Menggunakan foto durian diatas, hasil akhir dari tutorial ini yang saya dapatkan adalah sebagai berikut.

Karya gambar abstrak kotak-kotak

Dan tahap ke-4 diatas, juga merupakan langkah akhir dari tutorial merubah foto menjadi gambar abstrak kotak-kotak menggunakan GIMP.

Silahkan bagikan artikel ini dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.