Cara Merubah Aplikasi Pembuka File Bawaan di Windows 10

Mengubah aplikasi pembuka file bawaan (default app) di Windows 10 berarti bahwa Anda sudah memiliki aplikasi atau software alternatif lainnya yang mendukung untuk membuka file tersebut. Misalnya seperti file gambar dengan format JPEG. Dalam Windows 10, untuk melihat foto akan secara otomatis dibuka melalui aplikasi Photos. Kemudian Anda memutuskan untuk menampilkan gambar menggunakan ImageGlass karena baru saja menginstallnya.

Begitu juga dengan format foto lainnya dan berbagai file dengan format yang berbeda-beda. Bisa diubah dengan mudah. Saya sendiri sering melakukannya. Misalnya tidak lagi memakai Windows Media Player untuk membuka video tapi memilih untuk menggunakan software pemutar video lainnya.

Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada file yang ingin Anda ubah software pembukanya, lalu pilih Open with. Pada opsi ini, biasanya akan disertai simbol tanda yang mengarah ke kanan yang artinya; Ada pilihan yang disediakan pada opsi tersebut. Dan ketika kursor diarahkan ke opsi ini, maka akan tampil secara otomatis berbagai pilihannya.

Cara merubah aplikasi pembuka bawaan di Windows 10

Setelah itu (seperti gambar diatas) pilih Choose another app (pilih aplikasi lain). Nanti akan muncul kotak dialog baru yang menanyakan "How do you want to open your file?" atau bagaimana (dengan aplikasi apa) Anda akan membuka file tersebut.

Ada beberapa pilihan yang tersedia. Jika dari pilihan tersebut sudah ada aplikasi alternatif yang ingin digunakan, tinggal di klik satu kali (seleksi) kemudian beri tanda centang pada kotak yang tersedia. Kotak tersebut sebagai perintah bahwa seterusnya, ketika membuka format file tersebut, Anda akan menggunakan aplikasi yang baru saja Anda pilih.

Jika tidak ditampilkan aplikasi yang sudah terinstall, klik pada More apps lalu scroll ke bawah dan klik pada Look for another app on this PC kemudian lakukan pencarian lokasi instalasi perangkat dari aplikasi tersebut. Temukan, pilih lalu klik Open. Biasanya formatnya adalah NamaAplikasi.exe yang tersimpan di folder Program Files (C).

Merubah aplikasi pembuka file bawaan di Windows 10

Setelah itu, tinggal klik Ok saja dan file tersebut akan terbuka di aplikasi atau perangkat lunak yang baru saja Anda pilih. Kedepannya, file tersebut akan tetap ditampilkan menggunakan aplikasi tersebut, bukan lagi bawaan dari Sistem Operasi Windows 10.

Cara ini bisa diterapkan di semua versi Windows namun mungkin akan berbeda tampilan menunya. Bahkan, ini merupakan pengetahuan dasar bagi pengguna. Namun, bagi yang belum mengetahuinya, silahkan untuk dipraktekkan sekarang juga!

Bagaimana?
Jangan lupa baca juga ini ya: 2 Cara Screenshot di Windows 10 dan Versi Sebelumnya


EmoticonEmoticon